Pengembangan media audio slide pembelajaran biologi reproduksi pada tumbuhan secara vegetatif kelas II cawu 3 di SMU Widyagama Malang <BR>oleh Hartatik

Hartatik (2002) Pengembangan media audio slide pembelajaran biologi reproduksi pada tumbuhan secara vegetatif kelas II cawu 3 di SMU Widyagama Malang <BR>oleh Hartatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartatik.2 002P. engembangaMne diaA udioS lideP embelctlaratsni ologIi' okok BahasanS istemR eproduksSi ubI 'okok Baha"saRn eprrtdukspia da Tumbuhanse caraV egetatiKf elasI I Cawu3 di SMU WidyaG amu Malang.S kripsi,J urusanT eknologiP endidikanF akultasIl mu Pendidikan UniversitasN egeriM alang.P embimbing(I ) Drs. SihkabudenM, .Pd, Pembimbing(I I) Drs. Dedi Kuswandi,M .Pd. Kata Kunci : PengembangaMn,e dia Audio SlideP embela.laraRn,e produkspi ada Tumbuhans ecaraV egetatif. Salahs atum ediap embelajarayna ngd apatd imanfaatkand i sekolaha dalah slide.M edia slided apatd ikombinasikand engana udio,s ehinggad apatd igunakan sebagami edia pembelajarany ang menarik.B erdasarkanh asil observasdi i sMU WidyaG amaM alangd alamm enyampaikamn aterip embelajarabni ologrp okok bahasasni stemr eprodukssi ubp okokb ahasanre produkspi adat umbuhans ecara vegetatilg urum engalamki esulitanm ediak arenau ntukm endapatkacno ntoh-contoh tumbuhans ertam enunjukkans ecarala ngsungp adas iswanyaU. ntuk itu pengembang membuaat lternatifp emecahamn asalahp embelajaranm elaluiu payap engembangan medias lides ebagami ediap embelajaranT.u juanp engembangamne dias lidea dalah untukm emecahkamn asalahp embelajarabni ologi pokokb ahasans istemr eproduksi subp okokbahasanre produkspi adat umbuhans ecarav egetatif,u ntukm encapai tujuanp embelajarayna ngt elahd itetapkand i SMU Widya GamaM alang. Dalamm engembangkamne diaa udios lidep embelajarabni ologi pokok bahasansi stemr eprodukssi ubp okokb ahasanre produkspi adat umbuhans ecara vegetatifa, garm endapatkapnr oduky ange fektifuntuk pembelajaramn aka diperlukanla ngkah-langkaphe ngembangamne laluip rosedurp engembangan. Prosedupr engembangamne diaa udios lidep embelajarainn i meliputi( l) identifikasi kebutuhan(,2 ) analisistu juan,( 3) pengembangamna terip embelalaran, (4) mengembangkaanla te valuasi(, 5) menlusunn askah( 6) menyusunp etunjuk pemanfaata(n7, ) produksi,( 8) validasi,( 9) revisi danp enyempurnaan Kegiatan validasi ini meliputi uji coba pada ahli media, ahli materi, respondeyna itu siswad an subyeku ji cobad ari pengembangamn ediaa udios lide pembelajarabni ologi denganm enggunakadne signe kpenmenin i adalahs iswaS MU WidyaG amaM alangk elasI I cawu3 sebanyak4 0 sisway angd ibagid alamd ua kelompoky aitu kelompoke ksperimend ank elompokp embandingM. asing-masing terdiri dari 20 siswa.T eknik pengumpuladna tam enggunakainn strumenbt erbentuk angkeut ntuka hlim edia,a hlim ateri,darne sponden.Unthuak silp embelajarasnis wa rnenggunakaenv aluasdi alamb entukp re tesd an postesD. atay angt erkumpulb erupa skorp re tesd anp ascate sd ari siswak elompokk ontrold ank elompoke ksperimen. Analisisd alay angd igunakanu ntukm engolahd atad ari hasila hli media,a hli materi, l l l danr espondeyna itu siswa adalahp rosentaseS.e dangkaunn tukm engolahd atah asil belajars iswad igunakaunj i t (t-tes)U. ntuki nterprestahsai silb elajarm enggunakan t-tabel. Hasil pengembangasnli dei ni memenuhki nteriav alid ahli mediad iperoleh hasil83,33%a,h limateri8 7,50yod,a na udiend iperolehh asil81,5%S. edangkan analisisd atah asilb elajars iswad enganm enggunakanu ji t menunjukkanh asilt 5,*,* =3,52B. ila dibandingkadne nganh argatr rbcpr adat arafs igrifikasi0 ,05: 2,484 dan padata rafs ignifikasi0 ,01: 2,428, makat 6i6,,>,* 1 66"D1e. ngand emikianH , diterima danl lo ditolakk arenaa dap erbedaanh asilb elajary angs ignifikana ntaras iswa kelompoke ksperimen( sisway angm enggunakamn ediaa udios lide)d engans iswa kelompokp embandin(gs isway angt idakm enggunakamne diaa udios lide) menggunakamne dias lide. Sarany angd apatd iberikanu ntukp engembangamne diaa udios lide pembelajarabnio logip okok bahasans istemr eprodukssi ubp okokb ahasanre produksi padar umbuhans ecarav egetatif( l) untukj urusanT eknologiP endidikanh endaknya lebihm engembangkadnir i denganm engadakanp ameranm ediak hususnyam edia pembelajaran(2, ) untukp engembangasne lanjutnyaya ngb erminatm engadakan pengembangsaenr upah endaknypae ngembangamne dias lidet idakh anya dikembangkadni SMU WidyaG amaM alangs aja,t etapijugad i STM,S MK, SMU sertaS MEAb aik negerim aupuns wastas elaini tu juga sarank hususu ntuk pengembangamne diaa udios lidep embelajarabni ologi pokokb ahasans istem reprodukssi ubp okokb ahasanre produkspi adat umbuhans ecarav egetatifini pada materit ersebutc ontoh-contoht umbuhannyaa kans elalu bertambaha taupunl angkah untuki tu perlul ebih dikembangkalna grd enganm enambahfr amea taup engambilan obyekt umbuhank arenap adad asamyail mu biologi selalub erkembandga nd apat pula dikembangkapna dam ateris ecarag eneratifs ertad apatd igunakanp adam aterimaterip elajarany angl ain agard apatm embantug urum empermudaphe nyampaian matenp elajarand anm emotivassi iswad alamb elajar.D engand emikianp roses kegratanb elajarm engajard apatb erjalans ecarae fektif. l v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item