Primawati, Avi (2016) Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam kertas pada anak kelompok A1 di TK Negeri Pembina Kota Blitar / Avi Primawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Primawati Avi. 2016. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Kertas pada Anak Kelompok A1 di TK Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata Kunci keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam kertas pada anak kelompok A Hasil observasi awal pada keterampilan motorik halus anak kelompok A1 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan di TK Negeri Pembina Kota Blitar khususnya pada kegiatan menganyam kertas masih kurang mendapat perhatian guru jadi hasil observasi pada kegiatan menganyam ada 14 anak atau 70% anak masih belum bisa menganyam guru lebih sering menggunakan kegiatan menulis mewarnai dan menggambar untuk meningkatkan keterampilan motorik halus.Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan kegiatan menganyam kertas dan meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok A1 di TK Negeri Pembina Kota Blitar. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Pada setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian meliputi langkah reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menganyam kertas dilaksanakan dengan baik oleh guru dan anak. Terlihat pada proses pembelajaran untuk aktivitas guru siklus I mencapai 69 2% dengan kriteria baik sedangkan siklus II mencapai 88 45% dengan kriteria sangat baik pada nilai aktivitas anak pada siklus I mencapai 58 54% dengan kriteria cukup selanjutnya untuk aktivitas siklus II mencapai 84 62%. Keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam kertas pada pra tindakan mencapai 43 75% dengan kriteria cukup siklus I mencapai 54 53125% dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus II mencapai 80 47% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan kegiatan menganyam kertas yang dilakukan guru dan anak dengan sangat baik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 dengan baik. Disarankan pada guru kelompok A1 untuk menggunakan kegiatan menganyam kertas sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8389 |
Actions (login required)
View Item |