Peningkatan rasa percaya diri melalui metode sosiopreneur pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malang / Arum Murniati Sakinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan rasa percaya diri melalui metode sosiopreneur pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malang / Arum Murniati Sakinah

Sakinah, Arum Murniati (2016) Peningkatan rasa percaya diri melalui metode sosiopreneur pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malang / Arum Murniati Sakinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sakinah Arum Murniati. 2016. Peningkatan Rasa Percaya Diri melalui Metode Sosiopreneur pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Tumardi S.Pd M.Pd. (II) WuriAstuti S.Pd. Kata Kunci Rasa Percaya Diri Metode Sosiopreneur Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia dini. Pendidikan karakter membantu terbentuknya kepribadian anak yang mampu membangun hubungan emosional baik dengan diri sendiri orang lain maupun lingkungan anak. Penelitian yang telah dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota malang pada tanggal 16 November 2016 menunjukan bahwa terdapat permasalahan dalam peekembangan rasa percaya diri anak. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untukmeningkatkanrasa percayadirimelaluimetodesosiopreneur pada anak kelompokB di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malang.Penelitianinidiharapkandapatbermanfaat khususnyadalammemberikankontribusiterhadappengembangansifat/ karakter anakusiadini khususnya rasa percaya diri. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK) kolaboratifmenggunakanmodelKemmis Mc. SubjekpenelitianyaituanakkelompokB2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malangsebanyak 15anak yang terdiridari7anaklaki-lakidan8anakperempuan. Objekpenelitianiniyaiturasa percayadirianak. Metodepengumpulandatadilakukanmelaluiobservasi wawancara dandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakandeskriptifkualitatif dan kuantitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwametodesosiopreneur dapatmeningkatkanpercayadirianak.Halinidapatdibuktikandengan adanya kenaikan prosentasi peningkatan rasa percaya diri yang signifikan darihasil prosentase pra tindakandiperolehpersentasepercayadirisebesar27%kemudian dilanjutkan dengan pemberian treatmen/ pemecahan masalah pada siklus I yang menghasilkan prosentase rasa percaya diri sebesar 60% dan pada siklus II rasa percaya diri anak meningkat secara pesat menjadi 87%. Sifat yang ditunjukan oleh anak dari peningkatan rasa percaya dirinya yaitu a) anak berani maju ke depan kelas b) mampu menyapa orang baru yang ditemuinya dan c) lebih optimis dalam belajar. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode sosiopreneur dengan capaian hasil peningkatan sikap yang berbeda selain rasa percaya diri misalnya a) kemandirian b) kejujuran c) membangun sikap sosial dan lain sebaginya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item View Item