Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar praktik kerja kayu siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Probolinggo / Mukramin

Mukramin (2019) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar praktik kerja kayu siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Probolinggo / Mukramin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukramin. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono, M.Pd, (II) Dr. H. Tri Kuncoro, ST., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran, Model STAD, Hasil Belajar, Praktik Kerja Kayu Model Pembelajaran yang baik adalah model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, sehingga hal ini dapat menjadikan siswa terlibat aktif serta mampu mencapai hasil belajar yang optimal. Pada SMK Negeri 2 Probolinggo kelas X DPIB-3 ini dalam pelaksanaan pembelajaran praktik kerja kayu masih menggunakan proses pembelajaran dengan metode konvensional. Dengan metode pembelajaran tersebut kurang melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat melatih kemampuan siswa dalam upayamengembangkan pengetahuannya secara luas. Pada penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimanapenerapan model pembelajaran STAD serta bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aktifitas pembelajaran praktik kerja kayu. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan mengenai model pembelajaran STAD.Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB-3 SMK Negeri 2 Probolinggo pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah sebanyak 34 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data pada penelitia ini diperoleh dari hasil pedoman observasi, angket, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini yaitu data yang bersifat kualitatif data yang diperoleh melalui instrumen pengambilan data yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulan,sedangkan data bersifat kuantitatif adalah data yang dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dari penyajian data berupa nilai. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penerapan model pembelajaranSTAD mengalami peningkatan, dilihat dari peningkatan skor kemajuan hasil belajarkelompok siswa dari siklusI dan siklus II. Sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran STAD, jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 16siswa atau sebesar 47%,setelah diterapkan model pembelajaran STAD jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 31 siswa atau sebesar 91%pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 32 siswa atau sebesar 94% dari jumlah 34 siswa keseluruhan. Pada siklus I dan siklus II ketuntasan belajar siswamencapai ketuntasan belajar yangtelah ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83868

Actions (login required)

View Item View Item