Hubungan pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan hasil belajar kelompok mata pelajaran kompetensi keahlian (C3) siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMKN 2 Bojonegoro / Meywulan Khasanah

Khasanah, Meywulan (2020) Hubungan pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan hasil belajar kelompok mata pelajaran kompetensi keahlian (C3) siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMKN 2 Bojonegoro / Meywulan Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khasanah, Meywulan. 2019. Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) Dengan Hasil Belajar Kelompok Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian (C3) Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMKN 2 Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T., (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd Kata Kunci : pengalaman PKL, hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3), hubungan Peningkatan kualitas pembelajaran perlu adanya pengenalan siswa pada pengalaman langsung di lapangan. Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar saat di lapangan dan memberikan bekal yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu Pengalaman PKL di harapkan mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3) yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang diberikan saat PKL. Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian ini ingin diketahui hubungan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) dengan hasil belajar siswa kelompok mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3) Siswa kelas XII Kompetensi Kealian DPIB SMKN 2 Bojonegoro. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL), (2) hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3), (3) hubungan pengalaman Praktik Kerja Lapangan dengan hasil belajar kelompok mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 92 siswa pada Semester Ganjil tahun ajaran 2018-2019 di SMKN 2 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product-moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan cronbach’s alpha. Sebelum dilakukan analisis data dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dan uji hipotesis (korelasi sederhana) menggunakan software IBM SPSS Statistics 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengalaman PKL siswa SMKN 2 Bojonegoro dikategorikan baik dengan persentase 63%, (2) hasil belajar kelompok mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3) dikategorikan baik dengan rerata nilai 93,50. (3) terdapat hubungan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) dengan hasil belajar kelompok mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3), nilai signifikan 0,00 < &#945; = 0,05 serta nilai korelasi (r = 0,438). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang berarti “terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan hasil belajar kelompok mata pelajaran Paket Kehalian (C3) pada kelas XII DPIB SMKN 2 Bojonegoro”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83864

Actions (login required)

View Item View Item