Penerapan model pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo / Vidia Anandica Putri

Putri, Vidia Anandica (2020) Penerapan model pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo / Vidia Anandica Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Vidia Anandica. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd., (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Model Realistik, Hasil Belajar Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Di zaman perkembangan era globalsasi seperti sekarang ini pemerintah menyikapi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya pada bidang pendidikan. Guru harus profesional untuk melaksanakan tugasnya, yaitu dapat memahami peserta didik dalam proses pembelajaran dan peserta didik mampu mengembangkan kemampuannya serta membentuk watak dan karakter. Penerapan pembelajaran realistik dapat mendorong siswa agar dapat berfikirsecara kritis dan menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam dunia lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan modele realistik. (2) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model sebelum realistik dengan penerapan metode realistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang berupa desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen yaitu kelas XI DPIB 1 dan kelas kontrol yaitu kelas DPIB 2 dengan masing-masing jumlah kelompok sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif dan Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar pretest siswa pada penerapan model sebelum realistik sebesar 66,86 sedangkan pada tahap postest sebesar 71,00, mengalami peningkatan sebesar 6,2%. (2) Rata-rata hasil belajar pretest siswa pada penerapan model realistik sebesar 68,00 sedangkan pada tahap postest sebesar 83,29, mengalami penigkatan sebesar 22,5% dan (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan antara kelas yang diterapkan model sebelum realistik dengan kelas yang diterapkan model realistik. Hasil pembelajaran menggunakan model realistik lebih baik dari pada hasil pembelajaran menggunakan model sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83863

Actions (login required)

View Item View Item