Pengaruh pembelajaran menggunakan media visual grafis terhadap hasil belajar siswa kelas XII kompetensi keahlian kontruksi gedung sanitasi dan perawatan SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Rizki Muhika Mewa

Mewa, Rizki Muhika (2020) Pengaruh pembelajaran menggunakan media visual grafis terhadap hasil belajar siswa kelas XII kompetensi keahlian kontruksi gedung sanitasi dan perawatan SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Rizki Muhika Mewa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mewa, Rizki Muhika. 2019. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Visual Grafis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd., (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran, Visual Grafis, Hasil Belajar Kompetensi keahlian konstruksi gedung sanitasi dan perawatan merupakan salah satu kompetensi keahlian yang ada di SMK yang membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal sebagai berikut: (1) merencanakan konstruksi bangunan, (2) merencanakan dan melaksanakan metode pelaksanaan dalam konstruksi bangunan, (3) menghitung rencana anggaran biaya konstruksi bangunan, (4) melakukan perawatan bangunan. Dalam proses pembelajaran, siswa menyatakan kesulitan dalam menuntaskan kompetensi dasar yang telah disusun, terlihat dari penuntasan satu kompetensi dasar yang sebelumnya direncanakan ditempuh dalam 2 pertemuan namun pada kenyataannya ditempuh selama 8 pertemuan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, sehingga media visual grafis ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam pemyampaian materi dan siswa dapat memahami materi serta belajar secara mandiri untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan praktik eksperimen semu (quasi eksperimen). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas media serta materi, analisis deskriptif dan uji beda T-test. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa terbagi dalam 2 kelas, kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan media visual grafis berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol atau kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Hasil validasi ahli media memperoleh skor 4,00 atau 100%, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 3,80 atau 98%. Kelas eksperimen mendapat hasil pretest sebesar 73,44 yang meningkat sebesar 14,84 atau 20% sehingga posttest menjadi 88,28, Sedangkan kelas kontrol mendapat hasil pretest sebesar 75,51 dengan peningkatan hanya 6,44 atau 9% sehingga posttest menjadi 81,94. Hasil Uji-T yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media visual grafis dinyatakan sangat layak atau baik. Penggunaan media visual grafis ini dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran konstruksi bangunan gedung khususnya materi konstruksi plafon. Pembelajaran konvensional yang tanpa menggunakan media visual grafis kurang dapat meningkatkan hasil belajar. Penerapan pembelajaran menggunakan media visual grafis secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83862

Actions (login required)

View Item View Item