Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang menggunakan metode problem based learning berbasis e-learning dengan menggunakan media netsuport / Rangga Ade Pratama

Pratama, Rangga Ade (2019) Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang menggunakan metode problem based learning berbasis e-learning dengan menggunakan media netsuport / Rangga Ade Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama, Rangga Ade. 2019. Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa di SMK 6 Negeri Malang Menggunakan Metode Problem Based Learning Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Media NetSupport. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd dan (2) Drs. Mujiyono, M.Pd Kata Kunci:Problem Based Learning, NetSupport, Motivasi, Prestasi Berkembangnya suatu bangsa dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan tingkat pendidikan yang baik. Pendidikan memegang peranan penting untuk menigkatkan kecerdasan dan keterampilan generasi muda dalam menghadapi perubahan seiring perkembangan zaman.Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media netsupport untuk mengetahui tingkat motivasi dan prestasi belajar siswa tiap siklus. Penelitian dilakukan di sekolah SMK 6 Negeri Malang dengan subjek penelitian siswa kelas XI TGB 2 sebanyak 34 siswa. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning dengan media netsupport proses pembelajaran dapat mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dalam belajar, motivasi belajar siswa meningkat tiap siklus, dari siklus I memiliki nilai motivasi sebesar 51,22% kemudian siklus II 68,38% dan siklus III 76,71% dan prestasi belajar siswa juga meningkat tiap siklus dengan siklus I mendapat nilai rata-rata sebesar 77,94 lalu siklus II sebesar 80,58 dan siklus III sebesar 87,20.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83861

Actions (login required)

View Item View Item