Pengembangan media pembelajaran berbasis game android dengan software construct 2 mata kuliah mekanika tanah untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ilham Hari Pangestu

Pangestu, Ilham Hari (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis game android dengan software construct 2 mata kuliah mekanika tanah untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ilham Hari Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangestu, IlhamHari. 2019. Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Game Android Dengan Software Construct 2 Mata KuliahMekanika Tanah untukMahasiswaPendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeri Malang.Skripsi, JurusanTeknikSipil, FakultasTenik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. Kata Kunci :Media Pembelajaran, Game Android, Construct 2, Mekanika Tanah, PendidikanTeknikBangunan. Proses pembelajaranpadahakikatnyaadalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaianpesandarisumberpesanmelalui media tertentukepenerimapesan. Media pembelajaranmerupakanalatatauteknologisebagaiwadahpenyampaianpesandaridosenkemahasiswa.Beragamjenis media yang adatalahmengalamiperkembangan yang pesatterutamadarisegipenyajian yang semakinharisemakininovatif. Penggunaan smartphone yang telahberkembangdapatdimanfaatkanjugasebagai media pembelajaransehinggalebihfleksibeldalampenggunaannyakarenaituperludikembangkansuatu media pembelajaranberupaaplikasipada smartphone yang inovatif, tepat, danmenarik. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) Menghasilkan media pembelajaranberbasis android padamatakuliahmekanikatanahdalambentuk format file apk yang valid danlayakdigunakansebagaisalahsatusumberbelajarbagiMahasiswa. (2) Mengujicoba media pembelajaranmatakuliahmekanikatanahberbasis game android yangtelahdikembangkan. Penelitianinimerupakanpenelitiandanpengembangandenganmenggunakan modelDesain and DevelopmentAlessi&Trollip yang terdiridari 3 tahapyaitu: (1) Perencanaan (Planning), (2) Desain (Design), (3)Pengembangan (Development). Instrumen yang digunakanuntukpenilaian validator mengikutilembarevaluasidariAlessi&Trollip. SedangkanpenilaianpadaujicobaprodukmengacupadakriteriapenilaianWalkes& Hess. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa media pembelajaran yang dikembangkandinyatakanbaikdanlayakdenganpersentasehasilpengujian alpha test 93.35%, danpersentasehasilpengujian beta test 83.62%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83860

Actions (login required)

View Item View Item