Pengembangan media pembelajaran "House of Mickey" pada aspek kognitif dan bahasa untuk kelompok B / Stefani Maria Ade Putri Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran "House of Mickey" pada aspek kognitif dan bahasa untuk kelompok B / Stefani Maria Ade Putri Pamungkas

Pamungkas, Stefani Maria Ade Putri (2016) Pengembangan media pembelajaran "House of Mickey" pada aspek kognitif dan bahasa untuk kelompok B / Stefani Maria Ade Putri Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas Stefani Maria Ade Putri. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran House of Mickey pada Aspek Kognitif dan Bahasa untuk Kelompok B. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Kognitif Bahasa. Berdasarkan studi pendahuluan di TK Negeri Pembina 1 Malang dalam kegiatan pembelajaran calistung diperoleh data antara lain kegiatan calistung tidak menggunakan media yang membuat anak tertarik guru lebih banyak memberi anak tugas menggunakan lembar kerja sehingga anak lebih mudah merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan prototype media pembelajaran yang mudah menarik efektif dan aman untuk digunakan anak kelompok B. Media pembelajaran ini bertujuan juga sebagai alternatif pengembangan aspek kognitif dan bahasa anak terutama pada pembelajaran calistung. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah milik Borg Gall. Namun hanya dilakukan sampai langkah ke tujuh yaitu penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draft produk uji coba awal revisi produk uji coba lapangan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Hasil uji validitas kepada ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebanyak 94 64%. Hasil persentase data dari ahli materi anak usia dini sebanyak 84 61% . Sedangkan hasil dari ahli pembelajaran anak usia dini sebanyak 100%. Berdasarkan tabel kriteria kelayakan jika diperoleh data sebanyak 81 00%-100% media sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil uji lapangan awal dengan 10 anak diperoleh persentase aspek kemudahan sebanyak 100% aspek kemenarikan sebanyak 100% aspek efektifitas sebanyak 87 77% dan aspek keamanan sebanyak 87 77%. Hasil uji lapangan utama dengan persentase pada aspek kemudahan sebanyak 95 16% pada aspek kemenarikan sebanyak 99 35% aspek efektifitas 91 39% dan aspek keamanan sebanyak 100%. Berdasarkan tabel kriteria kelayakan jika diperoleh data sebanyak 81 00%-100% media sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Media pembelajaran House of Mickey dapat digunakan sebagai bahan penunjang pembelajaran calistung untuk kelompok B. Media pembelajaran ini mudah menarik efektif dan aman digunakan oleh kelompok B. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini yang lebih luas sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item