Penerapan platform microblogging untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran mata kuliah matematika terapan program studi D3 teknik sipil dan bangunan Universitas Negeri Malang / Achmad Yustofi

Yustofi, Achmad (2020) Penerapan platform microblogging untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran mata kuliah matematika terapan program studi D3 teknik sipil dan bangunan Universitas Negeri Malang / Achmad Yustofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yustofi, Achmad. 2019. Penerapan Platform Microblogging untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas pada Pembelajaran Mata Kuliah Matematika Terapan Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Universitas Negeri Malang: Pembimbing (1) Drs. Priyono, M.Pd, (2) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Kata kunci: platform microblogging, edmodo, hasil belajar, aktivitas belajar.     Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi berjalan sangat cepat. Seperti halnya dunia pendidikan di perguruan tinggi yang juga mengalami perkembangan cukup pesat, di iringi dengan makin meningkatnya inovasi-inovasi untuk memanfaatkan berbagai teknologi. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang inovatif dan mampu mengikuti kemajuan tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan platform microblogging Edmodo. Dengan platfotm microblogging mahasiswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan perkuliahan baik secara offline maupun online. Universitas Negeri Malang adalah salah satu dari banyak universitas negeri yang telah terbiasa dengan pembelajaran berbasis internet tetapi belum menggunakan media platform microblogging seperti Edmodo.     Berkaitan dengan mata kuliah Matematika Terapan, karena pelajaran ini bersifat aplikatif, menjadikan motivasi belajar mahasiswa menjadi rendah apabila diajarkan hanya dengan metode konvensional. hasil belajar pada kelas Matematika Terapan juga masih tergolong rendah, rata-rata nilai ulangan masih di bawah target, yaitu pada semester gasal tahun 2017 sebesar 70,58 dan tahun 2018 sebesar 69,50. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Matematika Terapan Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Universitas Negeri Malang melalui platform microblogging.      Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pemberian tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar dari kondisi awal dari 44% menjadi 61% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 81% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari nilai rata-rata mahasiswa yaitu 67,27 pada kondisi awal meningkat menjadi 71,81 pada siklus 1 dan 82,72 pada siklus 2.     Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Edmodo mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa mata kuliah Matematika Terapan Offering A Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Universitas Negeri Malang. Penerapan platform microblogging ini terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa.     Penulis menyarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dimanfaat oleh dosen maupun masyarakat pendidik sebagai salah satu alternatif model pembelajaran inovatif. Platform microblogging efektif diterapkan  pada Matematika Terapan..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83859

Actions (login required)

View Item View Item