Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Muhammad Syarif Usman A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Muhammad Syarif Usman A.

Usman A., Muhammad Syarif (2019) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Muhammad Syarif Usman A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syarif Muhammad. 2019. Hubungan Minat Belajar Cara Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 6 Malang Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Pd. (II) Drs. Made Wena M.Pd. Kata kunci Minat belajar dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana minat belajar siswa untuk mata pelajaran gamabr teknik bangunan yang ada di SMK Negeri 6 Malang (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran gambar teknik bangunan di SMK Negeri 6 Malang (3) Bagaiuman pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gamabar teknik bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional penggunaan metode pendekatan ini mengacu pada tujuan penelitian dengan mengumpulkan informasi dilapangan kemudian data penelitian berupa angka-angka dan analisis mengunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan gambar bangunan kelas XI yang berjumlah 144 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling menggunakan kriteria inklusi. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuisioner yang menggunakan deskriptif korelasional. Analisis data mengunakan ujia validitas relibilitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Minat siswa untuk pelajaran gamabar teknik masuk dalam kriteria baik. Hal ini dapat dikaji dari jumlah rerata semua indicator yang diteliti yaitu 68 98% rerata tersebut mencangkup rasa tertarik senang dan bersemangat untuk belajar 68 9% perhatian dalam belajar 69 6% motivasi belajar 70 9% pengetahuan 69 4% minat berbasis 71 1% dan minat berbasis praktik 69% (2) Pengatuh minat belajar tehadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar bangunan masuk dalam kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig sebesar 0.693 minat belajar berpengaruh terhadap prestasi beljar siswa. Hal ini dapat terbukti dari hasil belajar siswa kelas X SMK NERGERI 6 MALANG pada nilai UTS mata pelajaran gambar bangunan memiliki rerata diatas KKM yaitu 84 03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat belajar siswa jurusan gambar bangunan SMK NERGERI 6 MALANG termasuk dalam kategori baik. Saran dari peneliti adalah minat beljar siswa harus terus ditingkatkan agar hasil belajar memuaskan. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa juga sangat diperlukan sebab siswa akan merasa tertarik dan bersemangat untuk belajar apabila guru dapat menyampaikan materi dengan jelas dan tidak membebani siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83855

Actions (login required)

View Item View Item