Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Paket Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB di SMK Negeri 11 Malang / Alvi Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Paket Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB di SMK Negeri 11 Malang / Alvi Rohmawati

Rohmawati, Alvi (2019) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Paket Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB di SMK Negeri 11 Malang / Alvi Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmawati Alvi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Paket Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Model belajar problem based learning hasil belajar dasar-dasar konstruksi bangunan. Dasar-dasar konstruksi bangunan merupakan salah satu bidang ilmu yang dipelajari di paket keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 11 Malang. Model pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan di paket keahlian DPIB masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga membuat siswa bersikap pasif dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas X paket keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan (DPIB) pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di SMK Negeri 11 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi wawancara tugas dan tes catatan lapangan dan dokumentasi. Data tersebut kemudian akan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dapat diterapkan sesuai tahap yang direncanakan (2) persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 93 33% atau terjadi kenaikan 23 33% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem based learning dapat diterapkan dalam mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83853

Actions (login required)

View Item View Item