Hubungan kualitas sarana dan penggunaan laboratorium gambar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Mareta Udiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualitas sarana dan penggunaan laboratorium gambar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Mareta Udiyah

Udiyah, Mareta (2019) Hubungan kualitas sarana dan penggunaan laboratorium gambar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Mareta Udiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Udiyah Mareta. 2019. Hubungan Kualitas Sarana dan Penggunaan Laboratorium Gambar Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eko Suwarno M.Pd (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T Kata Kunci Kualitas Sarana Laboratorium Gambar dan Gambar Teknik. Pendidikan pada hakikatnya merupakan interaksi antara komponen-komponen yang saling terpadu dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Komponen pendidikan berarti bagian-bagian dari sistem proses pendidikan yang menentukan berhasil dan tidaknya atau ada dan tidaknya proses pendidikan. Oleh karena itu tiap-tiap sekolah perlu menyediakan sarana pembelajaran yang memadai semua keperluan pendidikan agar siswa dapat memanfaatkannya sebagai penunjang belajar siswa. Dengan adanya kualitas sarana laboratorium yang memadai belajar siswa akan meningkat sehingga siswa akan lebih giat belajar dengan mengoptimalkan kegunaan fasilitas tersebut secara bertanggung jawab. Hal ini berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Bagaimana kualitas sarana laboratorium gambar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. (2) Bagaimana penggunaan laboratorium gambar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. (3) Apakah terdapat hubungan antara kualitas sarana dan penggunaan laboratorium gambar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan desain eksplanatori. Desain eskplanatori adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dua variabel atau lebih berhubungan. Dengan variabel bebas (variabel independen) yaitu kualitas sarana dan penggunaan laboratorium gambar variabel terikat (variabel dependen) yaitu hasil belajar gambar teknik siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kualitas Sarana Laboratorium terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0 467 (rhitung 0 476 rtabel 0 203). Kedua terdapat hubungan positif dan signifikan Penggunaan Laboratorium terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Ditunjukan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0 508 (rhitung 0 508 rtabel 0 203). Ketiga hubungan yang positif dan signifikan antara Kualitas Sarana dan Penggunaan Laboratorium Gambar Terhadap Hasil Belajar Gambar Siswa SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Ditunjukan dengan koefisien korelasi R sebesar 0 571 dan Fhitung sebesar 8 104 (fhitung 8 104 ftabel 3 10).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83849

Actions (login required)

View Item View Item