Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran rencana anggaran biaya guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB - 1 SMK Negeri 6 Malang / Ika Nur Priyantini

Priyantini, Ika Nur (2019) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran rencana anggaran biaya guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB - 1 SMK Negeri 6 Malang / Ika Nur Priyantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Priyantini, Nur. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-DPIB 1 SMK N 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. (I) Drs. Made Wena, M.Pd. M.T., (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw, Hasil Belajar Siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah membawah perubahan hampir dalam seluruh aspek kehidupan manusia pada era global yang semakin ketat. Dari hasil pengalaman saya mengajar atau kajian dan praktik lapangan (KPL) di SMKN 6 Malang khususnya kelas XI Desain Permodelan Informasi, siswa lebih suka belajar saat bersama teman sekelasnya daripada mendengarkan penjelasan guru, jadi siswa lebih paham jika belajar dari teman. Sehingga banyak siswa yang tidak lulus karena masih banyak siswa yang nilainya tidak sesuai standar kompeteni, dengan prosentase 37,3% siswa yang sudah memenuhi kelulusan kompetensi minimal sedangkan 62,7% belum mencapai kelulusan kompetensi minimal. Hal ini menjadi pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 6 Malang, yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB 1 di SMK Negeri 6 Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa dari siklus I sebesar 34,28% dan siklus II sebesar 88,58% dengan presentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 54,03%. Hasil belajar dapat dilihat dari hasil presentase rata-rata hasil tes siswa pada siklus I sebesar 65 dengan presentase 70,52% dan pada siklus II rata-ratahasil tes 85 dengan presentase 84,09%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83848

Actions (login required)

View Item View Item