Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile game untuk pembelajaran alat berat pada pekerjaan konstruksi / Kusuma Refa Haratama

Haratama, Kusuma Refa (2019) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile game untuk pembelajaran alat berat pada pekerjaan konstruksi / Kusuma Refa Haratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Haratama, Kusuma R. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Game untuk Pembelajaran Alat Berat pada Pekerjaan Konstruksi. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Priyono, M.Pd (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Game, Alat Berat. Konsistensi penerapan pendekatan pembelajaran TCL (Teacher-Centered Learning) menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang tertarik terhadap materi pembelajaran secara umum. Hal tersebut didukung pula oleh keterbatasan fasilitas penunjang pembelajaran modern di sekolah. Kondisi ini mengakibatkan pembelajaran sering kali menemui kendala. Salah satunya adalah pembelajaran alat berat pada pekerjaan konstruksi. Padahal, pembelajaran alat berat pada pekerjaan konstruksi tidak mungkin dilakukan siswa di lapangan. Kominfo (2015) memperkirakan bahwa pada tahun 2018 jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai lebih dari 100 juta jiwa. Sedangkan durasi ratarata masyarakat Indonesia menggunakan smartphone adalah 5,5 jam per hari sehingga smartphone memiliki potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Fitur game dalam smartphone dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile game untuk pembelajaran alat berat pada pekerjaan konstruksi dan mengetahui informasi mengenai kelayakan media sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian R&D (Research and Development) ini dilaksanakan melalui 8 tahap: 1) Identifikasi potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba lapangan, 7) Revisi akhir, 8) Produksi massal. Desain produk dilaksanakan melalui 3 tahap: 1) Pembuatan game flow chart/ diagram alur permainan, 2) Penulisan Game story board, 3) Tahap produksi, meliputi pembuatan desain visual game 2D menggunakan CorelDraw dan pemrograman permainan menggunakan Unity. Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa mobile game 2D dengan spesifikasi: 1) Terdiri dari 6 level permainan alat berat berdasarkan jenis pekerjaan, 2) Bergenre Simulasi, 3) Tersedia dalam dua bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, 4) Dapat disebarluaskan secara offline dan online dalam format APK, 5) Ukuran file sebesar 43,67 MB. Sedangkan spesifikasi sistem operasi smartphone minimum yang disyaratkan adalah Android tipe Kitkat versi 4.4.2, RAM 1 GB, dan memori bebas sebesar 70 MB. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Data-data penelitian didapatkan menggunakan instrumen angket validasi dan angket uji coba lapangan. Data-data tersebut kemudian diolah menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Validasi materi memperoleh skor sebesar 88,33%, validasi media memperoleh skor sebesar 82,22%, dan hasil uji coba lapangan terhadap 102 siswa menunjukkan skor 85,56%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan, disimpulkan bahwa media ini dikategorikan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran alat berat pada pekerjaan konstruksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83847

Actions (login required)

View Item View Item