Hubungan motivasi belajar, hasil belajar dan kepercayaan diri dengan kesiapan kerja siswa SMK kelas industri kompetensi keahlian Geomatika di SMKN 1 Singosari / Adelia Candramei Nazuar

Nazuar, Adelia Candramei (2019) Hubungan motivasi belajar, hasil belajar dan kepercayaan diri dengan kesiapan kerja siswa SMK kelas industri kompetensi keahlian Geomatika di SMKN 1 Singosari / Adelia Candramei Nazuar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nazuar, Adelia Candramei. 2019. Hubungan Motivasi Belajar, Hasil Belajar dan Kepercayaan diri dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas Industri Kompetensi Keahlian Geomatika di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T., (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, kepercayaan diri, kesiapan kerja Tingginya tingkat pengangguran pada jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menyebabkan kurangnya kesiapan kerja siswa dalam menghadapi dunia kerja. Motivasi belajar diharapkan mampu mendorong segala sesuatu yang dapat mendukungnya memasuki dunia kerja. Selain motivasi belajar, hasil belajar diharapkan mampu menunjukkan kemampuan siswa sebagai bekal dalam bekerja. Pengetahuan dan motivasi tidak cukup untuk menjadi bekal tanpa adanya keyakinan/kepercayaan diri dalam dirinya bahwa ia memiliki kemampuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) deskripsi data motivasi belajar, hasil belajar, kepercayaan diri dan kesiapan kerja kelas industri, (2) hubungan motivasi belajar dengan kesiapan kerja kelas industri, (3) hubungan hasil belajar dengan kesiapan kerja kelas industri, (4) hubungan kepercayaan diri dengan kesiapan kerja kelas industri, (5) hubungan motivasi belajar, hasil belajar dan kepercayaan diri dengan kesiapan kerja kelas industri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Geomatika yang berjumlah 62 siswa tahun ajaran 2018/2019 di SMKN 1 Singosari. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product-momen dan uji reliabilitas instrumen menggunakan cronbach’s alpha. Sebelum dilakukan analisis data dilakukan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dan uji hipotesis (korelasi sederhana dan korelasi berganda) menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keempat variabel dalam kategori baik dengan persentase motivasi belajar sebesar 87%, hasil belajar 92% kepercayaan diri 88% dan kesiapan kerja 86%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kesiapan kerja, dengan nilai r = 0,441 dan signifikansi 0,00<0,05, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar dengan kesiapan kerja, dengan nilai r = 0,374 dan signifikansi 0,003< 0,05, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kesiapan kerja, dengan nilai r= 0,724 dan signifikansi 0,00< 0,05, (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, hasil belajar dan kepercayaan diri dengan kesiapan kerja, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,00<0,05, R= 0,789 dan R2= 0,735 atau 73,5% dengan kategori hubungan yang kuat sedangkan sisanya 26,5% dari variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83846

Actions (login required)

View Item View Item