Perbedaan penggunaan metode pembelajaran team teaching dengan metode single teaching terhadap hasil belajar siswa di SMKN 43 Boyolangu / Risma Damayanti

Damayanti, Risma (2019) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran team teaching dengan metode single teaching terhadap hasil belajar siswa di SMKN 43 Boyolangu / Risma Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Damayanti, Risma. 2019. Perbedaan Penggunan Metode Pembelajaraan Team Teaching Dengan Metode Single Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 3 Boyolangu. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd., (II) Ir. Titi Rahayuningsing, M.Si. Kata Kunci : Metode Team Teaching, Metode Single Teaching, Hasil Belajar Berdasarkan observasi saat pelaksanaan kajian dan praktik lapangan yang dilakukan di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Diketahui dalam observasi tersebut masih ada beberapa guru yang menggunakan metode Single Teaching . Tetapi ada beberapa guru yang sudah menerapkan metode pembelajaraan team teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan metode Team Teaching (2) Peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan metode Single Teaching (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan metode team teaching dengan yang diterapkan metode Single Teaching. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang berupa desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Proses penelitianya dimulai dengan menentukan populasi dan sampel, adapun populasinnya adalah Hasil belajar siswa kelas X paket keahlian DPIB. Sedangkan untuk sampel peneltian ini sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen yaitu kelas X DPIB 2 dan kelas kontrol yaitu kelas X DPIB 3 dengan jumlah masing masing kelompok sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar pretest siswa pada penerapan metode team teaching sebesar 69,12 sedangkan pada tahap postest 82,06 (2) Rata-rata hasil belajar pretest siswa pada penerapan metode Single Teaching sebesar 66,62 sedangkan pada tahap postest 71,62 (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan dengan nilai signifikan 0,000<0,05 antara kelas yang diterapkan metode team teaching dengan kelas yang di terapkan metode Single Teaching . Rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan metode team teaching yaitu 82,06 lebih tinggi dibandingkan yang diterapkan metode Single Teaching yaitu 71,62. &#8195;

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83845

Actions (login required)

View Item View Item