Pengembangan e-module CAD dan RAB untuk pembekalan praktik kerja lapangan siswa SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan / Natasya Atikasari Nugraheni

Nugraheni, Natasya Atikasari (2019) Pengembangan e-module CAD dan RAB untuk pembekalan praktik kerja lapangan siswa SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan / Natasya Atikasari Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Atikasari, Natasya Nugraheni. 2019. Pengembangan Bahan Ajar E – Module Atikasari, Natasya Nugraheni. 2019. Pengembangan E-module CAD dan RAB untuk Pembekalan Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. R.M Sugandi, S.T., M.T., (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. Kata Kunci : bahan ajar ,pkl, e – module Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan pembelajaran praktik untuk menerapan, memantapan, dan meningkatan kompetensi peserta didik. Siswa yang akan melaksanakan PKL membutuhkan bahan ajar untuk mengupayakan keberhasilan proses belajar. Pengembangan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya adalah pengembangan bahan ajar modul berbasis elektronik atau E-Module. Namun bahan ajar yang ada belum memanfaatkan teknologi yang sudah ada, seperti e-module dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker. Pentingnya pengembangan ini berfungsi untuk meningkatkan kesiapan siswa PKL agar siswa mampu melaksanakan PKL sesuai dengan Kebutuhan DU/DI di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Rancangan pengembangan diawali dengan tahap pengumpulan data dilanjutkan mendesain produk, validasi desain, revisi produk, uji oba produk dan porduk jadi. Proses pengumpulan data terdiri dari kegiatan mengumpulkan sumber terkait materi yang dibutuhan dan diperoleh hasil materi yang dibutuhkan yaitu CAD dan RAB. Kemudian tahap selanjutnya adalah mendesain produk yang akan dikembangkan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker. Setelah melalui tahap desain, dilakukan validasi produk oleh ahli / pakar kemudian diikuti revisi produk setelah validasi. Selanjutnya dilakukan uji tanggapan penggunaan e – module dalam peningkatn siswa dalam pelaksanaan PKL. Hasil penelitian pengembangan setelah dilakukan validasi oleh ahli materi untuk aspek desain pembelajaran 92,19% dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu direvisi, untuk aspek pembelajaran 87,5% dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu direvisi dan untuk aspek strategi pembelajaran 84,38% dengan kriteria cukup valid dan dapat digunakan namun perlu direvisi. Skor ahli media untuk aspek rekayasa perangkat lunak 89,58%, dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu direvisi dan aspek komunikasi visual 87,5% dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil hitung presentase rata – rata skor tanggapan responden untuk aspek penggunaan bahan ajar 86,04% dengan kriteria sangat baik, untuk aspek kemanfaatan bahan ajar 85,94% dengan kriteria sangat baik dan dan untuk aspek kesesuaian bahan ajar 84,18% dengan kriteria cukup baik dan dapat digunakan. Secara keseluruhan, bahan ajar ajar e – module untuk siswa PKL ini sudah baik, menarik dan sangat valid atau sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran menurut ahli materi, ahli media, dan responden. Namun terdapat beberapa komentar dan saran untuk bahan ajar untuk diperbaiki agar produk bahan ajar e – module untuk siswa PKL lebih menarik dan mampu meningkatkan kesiapan siswa dalam mempersiapkan PKL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83843

Actions (login required)

View Item View Item