Pengaruh persepsi siswa tentang Full Day School sebagai pembentukan karakter terhadap motivasi belajar siswa Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Kota Probolinggo / Sandhi Aryakusuma

Aryakusuma, Sandhi (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang Full Day School sebagai pembentukan karakter terhadap motivasi belajar siswa Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Kota Probolinggo / Sandhi Aryakusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aryakusuma, Sandhi. 2019. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Full Day School Sebagai Pembentukan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.Tri Kuncoro, S. T., M.Pd, (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Full Day School, Pembentukan Karakter, Motivasi Belajar Pendidikan adalah suatu proses pematangan kualitas hidup, melalui proses tersebut diharapkan manusia dapat memahami apa arti dan hakikat hidup agar menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, sehat dan berakhlak oleh sebab itulah pendidikan karakter sangat perlu ditanamkan pada diri pelajar sedini mungkin. Pendidikan saat ini diketahui bahwa degradasi moral sering terjadi dan bahkan meningkat karena karakter yang dimiliki seorang siswa seolah hilang begitu saja. Maka dari itulah sekolah dapat mewadahi penanaman pendidikan karakter dan sejalan dengan hal itu maka kurikulum 2013 saat ini mengusung sistem pendidikan baru mengenai Full Day School. Konsep penerapan sistem Full Day School menimbulkan banyak polemik dimana salah satunya kurang terbiasanya siswa dalam menghadapi sistem belajar secara Full Day maka hal ini tentu akan menyerang pada kondisi psikologis siswa seperti motivasi belajar yang dimiliki menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang Full Day School sebagai pembentukan karakter terhadap motivasi belajar siswa Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini difokuskan pada dua variabel yaitu persepsi siswa mengenai Full Day School sebagai pembentuk karakter sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y) . Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo khususnya siswa kelas X terdiri dari 3 kelas berjumlah 99 siswa dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden adalah berbentuk kuesioner yang diukur dengan skala likert. Adapun teknik analisis data meliputi penskoran, deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penghitungan regresi diperoleh persamaan regresi Y = 32,879 + 0,625X. Dari hasil perhitungan t hitung sebesar 11,145 = 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X yang signifikan terhadap variabel Y. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut menyatakan bahwa “Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang Full Day School sebagai pembentukan karakter terhadap motivasi belajar siswa Program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Kota Probolinggo”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83842

Actions (login required)

View Item View Item