Hubungan pemanfaatan studio gambar dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar mata diklat Autocad di SMK Negeri 3 Boyolangu / Pri Tantri Cara Bhakti

Bhakti, Pri Tantri Cara (2019) Hubungan pemanfaatan studio gambar dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar mata diklat Autocad di SMK Negeri 3 Boyolangu / Pri Tantri Cara Bhakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cara Bhakti, Pri Tantri. 2019. Hubungan Pemanfaatan Studio Gambar dan Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belaja Mata Diklat AutoCAD di SMKN 3 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Teknik, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1: Drs. Eko Suwarno, M.Pd., Pembimbing 2: Drs. Priyono, M.Pd. Kata kunci:pemanfaatan studio gambar, belajar mandiri, prestasi belajar, mata diklat autocad. SMK pada dasarnya memiliki tujuan untuk dapat menyiapkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang sesuai dengan sifat spesialisasi kejuruan dan persyaratan dunia industri dan dunia usaha. Sekolah Menengah Kejuruan tidak hanya dituntut dengan pemahaman intelektual, tetapi juga pada segi ketrampilan siswa, maka untuk menghasilkan lulusan SMK yang baik dan mampu bersaing, dibutuhkan adanya studio/bengkel praktek yang memadai bagi setiap siswa. Pemanfaatan studio gambar juga melibatkan peran siswa dalam melakukan proses belajar mandiri guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pemanfaatan Studio Gambar dan Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat AutoCAD di SMKN 3 Boyolangu. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasinal. Dalam penelitian ini, teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi berganda. Instrumen penelitian ini menggunakanangket yang disebarkan kepada seluruh siswa TGB angkatan 2017 kelas TGB 1, 2, dan 3 di SMKN 3 Boyolangu. Analisis hasil instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan analisis pemanfaatan studio gambar dan belajar mandirimenggunakan analisis deskriptif dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel pemanfaatan studio gambar masuk dalam kriteria baik, dengan rata-rata dari semua indikator pemanfaatan 73,8%, yang mencakup sarana 69,3% dan prasarana 76,3%. (2) varibel belajar mandiri masuk dalam kriteria baik, dengan rata-rata dari semua indikator belajar mandiri 72,1%, yang mencakup inisiatif 71,1%, sumber belajar dan menetapkan tujuan belajar 75,1%, memilih sumber belajar 72,8%, mengevaluasi hasil belajar 69,6%, menetapkan waktu belajar dan cara belajar 72,4%. (3) hubungan pemanfaatan studio gambar dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar masuk dalam kriteria sedang dengan nilai R sebesar 0,408.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83841

Actions (login required)

View Item View Item