Pengembangan e-modul sketchup berorientasi Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak kelas XII SMKN 1 Sidoarjo / Sella Tifani Indriana

Indriana, Sella Tifani (2019) Pengembangan e-modul sketchup berorientasi Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak kelas XII SMKN 1 Sidoarjo / Sella Tifani Indriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Indriana, Sella Tifani. 2019. Pengembangan E-modul SketchUp Berorientasi Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XII SMKN 1 Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. M. Sugandi, S. T., M. T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd. Kata Kunci: e-modul, sketchup, project based learning Hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Sidoarjo, peneliti menemukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan dalam menggambar tiga dimensi menggunakan aplikasi sketchup masih rendah. Padahal kemampuan menggambar tiga dimensi sangat diperlukan dalam dunia kerja. Namun modul tentang menggambar tiga dimensi menggunakan sketchup masih belum banyak tersebar terutama dalam bentuk e-modul. Kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013, sehingga e-modul sketchup dibuat berdasarkan kurikulum 2013 dengan memilih model pembelajaran project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-modul sketchup berorientasi project based learning untuk mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak kelas XII SMK, (2) mengetahui validitas e-modul sketchup, dan (3) mengetahui kelayakan e-modul sketchup. Penelitian ini menggunakan rancangan Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang telah dimodivikasi menjadi 6 (enam) langkah penelitian dan pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan modul, (2) penyusunan draft, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli, (5) uji coba terbatas, dan (6) revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan validitas produk melalui skor rata-rata dan data persentase. Produk yang dihasilkan adalah E-modul SketchUp Berorientasi Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak kelas XII SMKN 1 Sidoarjo. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh skor 3,6 dan persentase sebesar 90% , sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 3,15 dan persentase sebesar 78,5 dan uji coba pengguna siswa diperoleh skor 3,4 dan persentase sebesar 85,87% sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83840

Actions (login required)

View Item View Item