Susanti, Yulistia (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain 3M (mewarna, menggunting, dan menempel) kelopmpok A di RA Muslimat NU 24 Malang / Yulistia Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susanti Yulistia. 2016. PeningkatanKemampuanMotorikHalusMelaluiKegiatanBermain 3M (Mewarnai Menggunting danMenempel) Kelompok A di RA Muslimat NU 24 Malang.Skripsi Prodi S1Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini Jurusan KependidikanSekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I WayanSutama M. Pd. (II) WuriAstuti S. Pd. Kata Kunci kemampuanmotorikhalus kegiatanbermain 3M. Fakta di lapanganditemukanbahwakegiatanuntukmeningkatkanmotorikhaluspadakelompok A RA Muslimat NU 24 Malang dari 16 anakada 12 anak yang bermasalahdalamperkembanganmotorikhalusnya saatkegiatanpembelajaranterlihat6 anakbelummampumewarnaidengantidakkeluargaris 7 anakbelummampumengguntingsesuaigarispola 9 anakbelummampumenempeltepatpadagarispola dan 3 anak yang sudahmampumewarnai menggunting menempeldenganbaikdanbenar. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah (1) Bagaimanapenerapankegiatanmewarnai menggunting danmenempeluntukmeningkatkankemampuanmotorikhaluskelompok A di RA Muslimat NU 24 Kota Malang (2) Bagaimanapeningkatankemampuanmotorikhalusanakkelompok Amelaluikegiatanmewarnai menggunting danmenempel di RA Muslimat NU 24 Kota Malang PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilaksanakanbersiklusdenganpendekatankualitatif.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi wawancara dandokumentasi.Instrumen yang digunakanuntukpengumpulan data berupalembarobservasiaktivitasanak lembarwawancara danfotokegiatan.Subyekpenelitianadalahanakkelompok A RA Muslimat NU 24 Malang terdiridari 8 anaklaki-lakidan 8 anakperempuan. Hasilpenelitianpenerapankegiatanbermain 3M dapatmeningkatkankualitasbelajardaripratindakankesiklusIdengananakdikenalkanaturanbermaindanlangkah-langkahkegiatan 3M siklus I kesiklus II denganperubahanposisitempatduduk yang semula U menjadi 2 bariskebelakang media kegiatanbermain 3M dibuatlebihmenarikdandisukaianak. Kemampuanmotorikhalusanakdilihatdarihasilkaryaanakcenderungmeningkatdaripratindakankesiklus I anakmasihmenyesuaikandenganhasilmewarnailebih rata 10 anak hasilguntinganmengikutipola 9 anak hasiltempelanrapi 11 anak.Padasiklus II kemampuanmotorikhalusanakmeningkatdenganhasilmewarnaiyang ratadantidakkeluargarissertaberaniuntukmemadukanwarnasebanyak 14 anak hasilguntinganrapisesuaipola 14 anak hasiltempelanrapidantepatsesuaipola 15 anak. Saran daripenelitiyaitu (1) bagisekolahyaitukegiatanbermain 3Minidapatdijadikanpanduanuntukmeningkatkankualitaspembelajaran (2) bagi guru yaitukegiatan 3M inidapatdijadikaninspirasiuntukterusmemperbaikipelaksanaanpembelajaran yang menyenangkanbagianak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8384 |
Actions (login required)
View Item |