Hubungan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan pengalaman PKL terhadap kesiapan membuka usaha siswa Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Blitar / Tri Yuni Iswandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan pengalaman PKL terhadap kesiapan membuka usaha siswa Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Blitar / Tri Yuni Iswandari

Iswandari, Tri Yuni (2019) Hubungan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan pengalaman PKL terhadap kesiapan membuka usaha siswa Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Blitar / Tri Yuni Iswandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Iswandari TriYuni. 2019. Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Pengalaman PKL Terhadap Kesiapan Membuka Usaha Siswa Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti dan Batu Beton di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Pengalaman PKL Prestasi Belajar KWU Kesiapan Membuka Usaha. SMK dikembangkan dengan maksud untuk mengatasi masalah ketenaga kerjaan melalui penyiapan tenaga kerja yang terampil untuk dunia usaha dan dunia industri. Faktanya saat ini lulusan SMK cenderung menjadi pencari kerja dan sangat sedikit yang menjadi pencipta lapangan kerja. Saat ini lulusan SMK belum sesuai dengan tujuan SMK itu sendiri di karenakan lebih dari setengah lulusan smk banyak yang belum mendapat pekerjaan atau masih pengangguran. Hal ini yang menjadi permasalahan di Indonesia. Sedangkan SMK memiliki banyak peluang untuk menciptakan tenaga kerja yang ahli pada bidangnnya jika dibandingkan dengan sekolah Menengah Atas tetapi pada kenyataanya justru banyak lulusan SMK yang malah melanjutkan kuliah daripada membuka usaha. Tujuan penelitian ini di diharapkan dapat mempengaruhi jumlah pengangguran yang tercipta dari lulusan SMK khususnya SMK Negeri 1 Blitar. Sehingga jumlah pengangguran yang ada dapat berkurang dan meningkatkan kesiapan siswa untuk membuka usaha setelah lulus dari sekolah. Serta di harapkan bagi siswa untuk mempertahankan dan menambah wawasan agar mampu menguasai praktik kerja lapangan dan mengimbanginya dengan ilmu yang sudah di terima di sekolah Salah satu cara untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yaitu dengan menjadi seorang wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan pengalaman PKL terhadap kesiapan siswa membuka usaha di SMK Negeri 1 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI BKP dan XII berjumlah 144 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil validasi berupa angket diperoleh 30 item pertanyaan yang valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan cronbach s alpha. Sebelum dilakukan analisis data dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data dimulai dengan tabulasi (skoring) untuk setiap jawaban dengan menggunakan skala yang telah ditentukan. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan teknik korelasi product-moment pearson dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan pengalaman PKL berpengaruh meningkatkan minat siswa untuk membuka usaha (2) pengalaman PKL mendorong motivasi siswa lebih percaya diri untuk membuka usaha sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki sehingga mampu meningkatkan semangat membuka usaha (3) prestasi belajar KWU dan pengalaman PKL berkorelasi dengan kesiapan membuka usaha dengan nilai signifikan 0 002

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83839

Actions (login required)

View Item View Item