Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran estimasi biaya konstruksi Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam 1 Blitar / Hasan Muflih Mutawakkil

Mutawakkil, Hasan Muflih (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran estimasi biaya konstruksi Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam 1 Blitar / Hasan Muflih Mutawakkil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mutawakkil, Hasan M. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam 1 Blitar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. (II) Drs. Priyono, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia, Estimasi Biaya Konstruksi Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam 1 Blitar. Dalam proses pembelajaran, siswa diarahkan untuk dapat mengestimasi harga suatu bangunan. Dalam proses perhitungan siswa harus dapat memahami cara membaca gambar kerja dan menghitung volume pekerjaan. Masih banyak siswa kesulitan untuk dapat membaca gambar sehingga kesulitan dalam menghitung volume pekerjaa dari hasil nilai rata – rata siswa belum mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan yaitu 75 dengan siswa sebanyak 45 dinyatakan 6 siswa yang tuntas dan 39 siswa tidak tuntas, sehingga diperlukan media untuk memudahkan siswa dalam membaca gambar dan menghitung volume pekerjaan. Multimedia merupakan media pembelajaran yang menyajikan bentuk komponen – komponen bangunan dan rumus – rumus perhitungan volume, untuk mempermudah siswa dalam membaca gambar dan menghitung volume pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode Reserch and Development Sugiyono (2013:409) yang telah dimodifikasi, terdiri dari 6 tahapan, yakni (1) Need Assessment/Analisis kebutuhan, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk. Pengambilan data penelitian ini berupa kuisioner dan teknik anilisis data menggunakan statistik deskriptif. Adapun langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia meliputi: (1) Pembuatan gambar rencana, (2) Modeling 3D, (3) Pembuatan slide power point, multimedia terdiri dari slide presentasi dalam format .PPT dan file 3D Sketchup dalam format sketchup model (skp). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan cara pengumpulan menggunakan lembar validasi dan lembar penilaian. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat baik, sangat menarik, sesuai, dan layak dengan indikator hasil validasi ahli media memperoleh skor 3,6 atau 91,00%, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 3,5 atau 87,50%, dan hasil uji coba perorangan memperoleh skor 3,64 atau 91,20%. Maka dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam 1 Blitar. ii SUMMARY Mutawakkil, Hasan M. 2019. The Development of Multimedia-Based Learning Media for Estimated Construction Cost of the Department of Model Design and Information on Building in Islamic Vocational School 1 Blitar. Thesis, S1 Studies Program of Technical Education Building, Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Malang. Supervisor: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., MT (II)Drs. Priyono, M.Pd. Keywords : Learning Media, Multimedia, Construction Cost Estimation Construction Cost Estimation is one of the subjects in the majors Design Building Information Modeling and SMK Islam 1 Blitar. In the learning process, students are directed to estimate the price of a building. In the process of calculating the students should be able to understand how to read working drawings and calculate the volume of work. There are still many students 'difficulties to be able to read images so the difficulty in calculating the volume of the job of the results of value - average student has not reached the learning objectives set at 75 by the students as much as 45 declared 6 students who completed and 39 students did not complete, so that the necessary media to facilitate students' in reading the image and calculate the volume of work. This study is a research and development by using Reserch and Development that have been modified, consists of 6 stages, namely (1) Need Assessment / analysis of needs, (2) Data collection, (3) Design products, ( 4) Validate the design, (5) Revision of the design, (6) Test product. Collecting data in the form of a questionnaire research and techniques useful analysis of data using descriptive statistics. The steps in the manufacture of multimedia-based learning media include: (1) Preparation of the plans, (2) 3D Modeling, (3) Preparation of power point slides, multimedia consists of a slide presentation in PPT format and 3D files in a format SketchUp models (skp). The data used is the qualitative and quantitative data by collecting used sheets validation and assessment sheets. Data analysis using descriptive statistics. Results from the study showed that the developed learning media is otherwise very good, very interesting, appropriate and feasible with media expert validation outcome indicators obtain a score 3.6 or 91%, the results of expert validation material obtain a score3.5 or 87.50%, and the test results individual obtain a score 3.64 or 91.20%. Then it can be used to help the learning process in the Construction Cost Estimation Class XI Model Design and Building Information in Islamic Vocational School 1 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83838

Actions (login required)

View Item View Item