Pengaruh prestasi belajar kejuruan dan praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Bisnia Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Kediri / Ika Putri Arrinil Haque

Haque, Ika Putri Arrinil (2019) Pengaruh prestasi belajar kejuruan dan praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Bisnia Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Kediri / Ika Putri Arrinil Haque. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haque, Ika Putri Arrinil. 2019. Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan dan Praktik Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakulas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Priyono, M.Pd., (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. Kata Kunci : Prestasi belajar kejuruan, praktik industri, kesiapan kerja Kesiapan kerja menjadi penting bagi siswa SMK. Hal ini dikarenakan tujuan dari SMK adalah untuk menciptakan lulusan yang siap menjadi tenaga kerja berkualitas dan mampu bersaing. Namun berdasarkan pengamatan diketahui bahwa tidak semua siswa SMK siap bekerja. Sebagian siswa memiliki kendala dalam pelaksanaan praktik industri dan mata pelajaran kejuruan. Hal itu menyebabkan hanya sebagian siswa siap bekerja sementara yang lain memilih untuk melanjutkan pendidikan, atau bekerja diluar kompetensi keahliannya. Untuk itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui pengaruh dari prestasi pada mata pelajaran kejuruan dan praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terutama kelas XII kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Tergolong dalam penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Kediri dengan jumlah 63 siswa dari kelas XII kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP). Variabel penelitian antara lain prestasi belajar kejuruan (X1), praktik industri (X2), dan Kesiapan kerja siswa (Y). Metode pengambilan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data dengan pengujian regresi linear berganda. Hasil uji analisis deskriptif pada variabel prestasi belajar kejuruan diperoleh nilai mean sebesar 84,11 yang termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 73,1% pada 46 siswa. Pada variabel praktik industri dengan nilai mean 84,87 termasuk dalam kategori sedang. Persentase yang diperoleh sebesar 74,6% pada frekuensi 47 siswa. Pada variabel kesiapan kerja siswa diketahui nilai mean 86,78 yang tergolong pada kategori sedang. Persentase yang ditunjukkan sebesar 73% pada frekuensi 46 siswa. Berdasarkan uji regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa nilai Sig. pada variabel Prestasi Belajar Kejuruan (X1) yakni sebesar 0,016 < 0,05 dan pada variabel Praktik Industri (X2) nilai Sig. sebesar 0,05. Pada hasil uji F Simultan diperoleh nilai F hitung 4,409 > F tabel 3,15. Dapat disimpulkan bahwa Prestasi Belajar Kejuruan (X1) dan Praktik Industri (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83837

Actions (login required)

View Item View Item