Penerapan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) berbasis lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI DPIB pada mata pelajaran gambar interior dan eksterior bangunan di SMK Negeri 1 Sidoarjo / Nanda July Kurniawan

Kurniawan, Nanda July (2019) Penerapan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) berbasis lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI DPIB pada mata pelajaran gambar interior dan eksterior bangunan di SMK Negeri 1 Sidoarjo / Nanda July Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Kurniawan, Nanda July. 2019. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Project Based Learning) Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI DPIB pada Mata Pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lingkungan, Prestasi Belajar Siswa Dalam proses kegiatan belajar mengajar sering dijumpai berbagai jenis masalah, salah satunya yaitu adanya siswa yang sering bosan terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan. Akibatnya siswa susah memahami materi pembelajaran dan menyebabkan prestasi belajar rendah. Metode pembelajaran sangatlah mendukung ketika terjadi penyampaian materi, dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learing berbasis lingkungan pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan sebagai salah satu alternaif pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lingkungan dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dan masing-masing siklus menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lingkungan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB-1 SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan jumlah 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes dan observasi aktivitas siswa. Pengujian soal tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menyatakan (1) Model pembelajaran Project Based Learning berbasis lingkungan memberi kesempatan siswa mengetahui keterampilannya mengelola sumber belajar yang terdapat pada lingkungan sekolah. (2) Rata-rata kelas pada kondisi awal yaitu 73,18, pada siklus I sebesar 82,42 dan pada siklus II mencapai 95,45. (3) Keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai presentase 65% dan pada ssiklus II mencapai presentase 80%. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83836

Actions (login required)

View Item View Item