Analisis aplikasi Netsupport School pada pembelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Negeri 6 Malang / Martha Alaska

Alaska, Martha (2019) Analisis aplikasi Netsupport School pada pembelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Negeri 6 Malang / Martha Alaska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Alaska, Martha. 2019. Analisis Aplikasi NetSupport School pada Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. Priyono, M.Pd. Kata Kunci: NetSupport School, Motivasi Siswa, Hasil Belajar NetSupport School adalah sebuah progam komputer yang berfungsi sebagai media pembelajaran pengganti LCD. Selama penggunaan NetSupport School di sekolah tersebut, belum diadakan penelitian mengenai pengaruh penggunaan NetSupport School terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Sedangkan ini merupakan media baru yang belum dipakai di sekolah lain di Malang. Dalam studi pendahuluan diketahui beberapa siswa yang antusias dan beberapa siswa yang bosan saat menggunakan media ini saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan NetSupport School sebagai media pembelajaran, (2) mendeskripsikan penggunaan NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, (3) mendeskripsikan penggunaan NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (4) mengetahui pengaruh NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, (5) mengetahui pengaruh NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (6) mengetahui pengaruh NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa secara bersama- sama. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan angka untuk mengolah datanya. Sampel berjumlah 100 siswa dengan pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket dan dokumentasi nilai, serta teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan NetSupport School sebagai media pembelajaran termasuk dalam kategori cukup baik dan memiliki presentase tingkat kecenderungan yang tinggi, (2) motivasi belajar siswa dengan penerapan NetSupport School sebagai media pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dan memiliki presentase tingkat kecenderungan yang tinggi, (3) hasil belajar siswa dengan penerapan NetSupport School sebagai media pembelajaran termasuk dalam kategori baik dan memiliki presentase tingkat kecenderungan yang tinggi, (4) ada pengaruh positif antara NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, (5) ada pengaruh positif antara NetSupport School sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (6) ada pengaruh positif antara NetSupport School sebagai media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83835

Actions (login required)

View Item View Item