Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media kartu gambar dan kata pada kelompok B TK Dharma Wanita Bendo 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Galih Indahwulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media kartu gambar dan kata pada kelompok B TK Dharma Wanita Bendo 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Galih Indahwulandari

Indahwulandari, Galih (2016) Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media kartu gambar dan kata pada kelompok B TK Dharma Wanita Bendo 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Galih Indahwulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indahwulandari Galih. 2016.Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Kartu Gambar Dan Kata Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Bendo 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd. M.Pd (II) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan berbahasa media kartu gambar dan kata taman kanak-kanak Salah satubidangpengembangankemampuandasar yang dikembangkan di Taman Kanak-Kanak (TK) adalahkemampuanberbahasa.Berdasarkan observasi pada kelompok B TK Dharma Wanita Bendo 2 kecamatan Ponggok kabupaten Blitar diketahui bahwa hasil kemampuan membaca anak kurang baik. Kemampuanmembacaanakdapatdiketahuibahwajumlahanaktuntas 3 anak. Jumlahanakbelumtuntas 14 danpersentaseanaktuntas 17.6% sehinggapersentaseuntukketidaktuntasankelasmencapai 82.3%.Penelitian ini menggunakan media pembelajaran kartu gambar dan kata. Tujuanpenelitianiniyaitu (1) mendeskripsikan penerapan media kartu gambar dan kata (2) medeskripsikan peningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok B TK Dharma Wanita Bendo 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar (2) . Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakkan teknik observasi wawancara dandokumentasai. Analisis data diawali dengan reduksi data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu gambar dan kata dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah dan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK dharma wanita Bendo 02 kecamatan Ponggok kabupaten Blitar. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 29.5% dan diperoleh persentase rata-rata ketuntasan belajar membaca sebesar 56.9. Pada siklus II peningkatan mencapai 85.25% dan diperoleh persentase rata-rata ketuntasan belajar membaca sebesar 73.9. Berdasarkan paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca anak. Oleh sebab itu disarankan bagi guru dan anak dapat memanfaatkan media kartu gambar dan kata dalam meningkatkan kemampuan membaca anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item View Item