Pemanfaatan media instruksional dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Kauman I Malang <BR>oleh Nurul Muntadhiroh

Muntadhiroh, Nurul (2002) Pemanfaatan media instruksional dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Kauman I Malang <BR>oleh Nurul Muntadhiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK MuntadhiroNhu, rLrl2. 002.l 'enunf atunl v'leJtatn struk,sionlu-l) ulunKt cgiulurr tselajaMr engujurd i Sl) NegeriK utununI NlulungS. kripstJ, urusan TeknologPi endidikanF,a kultalslm r,Pr cndidikanU,n iversitaNse gerMi alang. Pembimbin:g (l ) DR Moh SochibM Pd,( ll) Drs.Sadaruddin. Kata-katkau nci : PemanfaataMn,e diaI nstrtrksionaKl,e giatanB elaiarM engalar Medialn struksiondael nganse galap otenslltynale tupunyaple rat'layna ng pentinugn tukm eningkatkamn utup embelajarasnis waA. gar mediap embelajaran dapadti manfatkasne caraln aksirnalr,n akap arap elaksanpae ndidikank,h ususnya gurud itunfuut ntukm emilikip engetahuadna nk emampuadna lamm emanfaatkan mediaB. erdasarkahna l tersebupt enelitib ermaksudu ntukm engungkapte ntang pemanfaatmane diad i SDN egeriK aulan I Malang,d engana lasanu ntuk mengetahjeuni isr nediak, ernarnpuagnu ru,d anp olap ernanfaatarne dia instruksiondaal lamk egiatanb elajarm engajar'. Penelitianin i rnerrggunakarrnre toddee skriptisf urveyS. ubjekp enelitian adalaSh DN egeriK aumanI MalangP. engambilapno pulaspi enelitiana dalahs eluruh guruy anga dad i SD NegeriK aumanI Malang.P engurnpuladna tar nenggunakan teknika ngketT. eknika nalisisd atam enggunakatenk nika nalisiss tatistikd eskriptif dengapne rsentaspee rbandingannil ai rata-rata ngke(t Mo) dann ilai rata-rataid eal (Mi) Hasrpl enelitiarnn enunjukkabna hwa: (l ) Jenisr nediay angd irnanfaatkan oleh,s cluruhg uruS DN egeriK aurnanI Malanga dalahp apantu lis( 100%),b uku pake(t l 00%),d ann rodeyl angd isederhanak(a 1n0 0%);h trntpir.v clunthg uru menggunakpaanp ante rnpe(l 85%),g rafik( 80%),p eta( 85%),g arnba(r9 501,b)u, ku suplenre(n9 5%),r nodepl erbandirrga(8n0 %),d ang lobe( 8001')s,e bugiunh e.rurg vru menggr,rnakbaang an( 65o/up),o ster( 70%),s r.rrakta bar/majala(h7 5%),e nsiklopedi (70%)m, odul( 55%)s, pesime(n5 5%)m, odeli risanl1 0Vo)r,a dio( 75%),a udio cassettea per ecorde(r6 5%),l oto/potre(t6 5%),d ant elevisi( 70r/o),,s epurught rtr (50%)r nenggunakbaonn ekas;e bugiuknc c:igl ulul nenggLrnakpaatpt anfl ane(l 45%), karturVkarikat(u2r0 o/ow),i dyarvisat(a4 0o) , topeng( 30%),d anv ideo( 3,5%)h; umpir litlaka dag uruy angn renggunakapne tat irnbul( 15%);l itluk ada seoraltgu rupun yangm enggunakadnio ramas, tandalre mbarb alik,r itatoonr, otatoonO, HPd an transparansie, rtas lide( 0%),( 2) I(ernampuagnu rut netnanfaatkamne dia instmksionadla lamk egiatanb elajarm engajatre rmasuk ategons angatti nggi, karenan ilai rata-ratao bservas(6i 5,45)le biht inggid arin ilai rata-ratiad eal( 47,5), dan( 3) Polap emanfaatamne dia.instruksionyaaln gd ilakukang tnr adad tia,y ailu polap ernanfaatadnid alarnd and iluars ituaski elas.P olap emanfaatatn edta instruksionadli dalamk elasy angd ilakukano lehs eluruhg uru( 100%)a dalahm edia dipakasie calkal asikaly, aitug urr,dr ans iswat nernakatin edias ecarab ersatna-salna dalamke gratabne lajarn engajar.Hurnp:isre lurughu rum enggunakapno lak lasikalkelompoyka, itug urud ans iswan temakarin edias ecarak elornpokb aikk elompok keci(l2 -6o rangm) aupunk elompokb esar( 7-15o rang)d alamk egiatanb elajar mengaj(a8r0 %).S ebagiunb esarg urum enggunakapno la klasrkal-individualy,a itu gurud ans iswam emakami edias ecarain dividuald alamk eg:atanb elajarm engaJar (55%)S. ementarap,e nggunaapno la pemanfaatamn ediai nstruksionadl iluar situasi kelasa dad ua,y aitu seoalab ebasd ant erkontrol.U ntrrkp emanfaatamn edias ecara bebass,e Dagnla k ecil gutut nenyatakan"s elalu" (20oh);" seringi'( 40o/o)d; an" kadangkadangi'( 25%S).e mentarpaÔé¼ nggunaapno la pemanfaatamn ediai nstruksionadl iluar situaskie lass ecarate rkontrolj uga dilakukano lehs ebagiank ecil gumd engan pernyata"asne lalu"( 30%);" sering"( 25%):d an" kadang-kadang(3" 0%).S erta huntpit'liduukd u guruy ang" tidak pernah"r nenggunakapno lap ernantaatamne dia instruksiondaill uar situasik elasb aik secarabebams aupuns ecarate rkonfol. Melihatk enyataand ari hasil penelitiant ersebutp, enelitim enyarankahna l-hal sebagbaei rikut(: l) KepalaS ekolahp er'lule bihb anyakr nengalokadsai nau ntuk rnelengkarpnie diain struksionayla ngt idaka dad and iperlukans epertsi lide,O HPd an transparandsioi, ramas, tandalre mbarb alik,r itatoond, anr otatoonS. elaini tu, Kepala Sekolashe baiknyjau ga tnernberikapne nilaiank hususte rlradapg uruy allg memanfaatkmane diai nstruksionayla nga dad i sekolahd alamk egiatanb ela..;ar mengajaDr.e nganb egitur nakag urua kant erpacuu ntuk lebih seringn remanfaatkan mediain struksionayla nga da.( 2) Unhrk gurud iharapkand alamm enyusunD esain Instruksionyaal nga kand ijadikana cuans ebelumm engajarp, erlum encantumkan jenism ediay angb isad igunakand alamk egiatanb elajarm engajard anj uga yang sudahte rsediad i sekolahs esuadi enganr naterip elajarany anga kand isarnpaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item