Cholidah, Restu Nur (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan 3M pada kelompok B1 TK negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar / Restu Nur Cholidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cholidah Restu. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M Pada Kelompok B1 TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci peningkatan motorik halus kegiatan 3M Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan motorik halus anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar pembelajaran melipat menggunting dan menempel. Hal ini disebabkan karena anak mengalami kesulitan pada saat diberi tugas yang mengharuskan melewati tahap melipat menggunting dan menempel. Kesulitan siswa timbul karena guru tidak memberikan contoh langkah-langkah kegiatan dari awal.Berdasarkan kenyataan di lapangan peneliti mencoba mengatasi permasalahan dalam usaha mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam berolah tangan. Dengan pelaksanaan 3M diharapkan anak dapat lebih terampil.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui dan mendeskripsikan penerapan 3M dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 dan 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok B1 di TK Negeri Kepanjenkidul Kota Blitar melalui penerapan 3M. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembarobservasiaktivitas guru dan anak lembar observasi kemampuan motorik halus anak dokumentasi berupa foto dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan subjek sebanyak 20 anak terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Penerapan 3M dilaksanakan sesuai dengan RPPH dan langkah-langkah yang disesuaikan dengan kondisi sekolah serta kemampuan anak agar anak merasa nyaman ketika melakukan kegiatan 3M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus anak. Peningkatan klasikal pada siklus I dengan nilai rata-rata 61 87 dan pada siklus II nilai rata-rata kelasnya sudah mencapai 80 62. Begitu juga dengan persentase ketuntasan klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikalnya hanya 57 5% sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikalnya sudah mencapai 90%. Jadi dari siklus I ke siklus II persentase ketuntasan klasikalnya sudah mengalami peningkatan sebesar 32 5%. Berdasarkan hasil analisa penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan 3M dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak. Disarankan pada lembaga dan pendidik untuk menerapkan kegiatan 3M untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8378 |
Actions (login required)
View Item |