Pengembangan instrumen asesmen perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun / Siti Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun / Siti Nur Aini

Aini, Siti Nur (2016) Pengembangan instrumen asesmen perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun / Siti Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Aini. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (2) Evania Yafie S.Pd. M.Pd Kata Kunci Instrumen Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang harus selalu dilakukan sepanjang proses pembelajaran. Hasil observasi di taman kanak-kanak di kecamatan Pakisaji didapatkan bahwa masih banyak guru-guru yang mengalami kesulitan dalam mendata perkembangan anak khususnya perkembangan bahasa anak. Kesulitan guru-guru taman kanak-kanak dalam mendata perkembangan aspek bahasa anak dikarenakan kurangnya pemahaman guru tentang hakekat dan proses mengevalusi perkembangan aspek bahasa anak serta belum adanya instrumen asesmen yang valid yang dapat membantu guru untuk mendata perkembangan aspek bahasa anak. Perkembangan ini pada umumnya didata dengan menggunakan cara perkiraan untuk menentukan tingkat ketercapaian anak. Peneliti ingin mengembangkan instrumen asesmen perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan instrumen asesmen perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yang berkialitas yaitu instrumen asesmen yang valid reliabel dan praktis. Sehingga dapat digunakan oleh guru Taman Kanak-Kanak sebagai pedoman penilaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Pengembangan produk media pembelajaran bongkar pasang lempeng pecahan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Tahap-tahap penelitian pengembangan sebagai berikut. (1) identifikasi masalah (2) perancangan produk awal (3)validasi ahli (4) revisi (5) uji coba produk skala luas dan (6) revisi (7) produk final. Data penelitian berupa hasil validasi dan kepraktisan produk yang diperoleh dari uji ahli bahasa ahli evaluasi dan guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung tingkat validitas reliabilitas serta kepraktisan produk yang disesuaikan kriteria yang telah ditetapkan serta menelaah data berupa komentar. Hasil validasi ahli bahasa dan evaluasi diperoleh hasil dari 39 item 4 item dinyatakan valid dan 35 item dinyatakan sangat valid. Dari uji coba produk diperoleh tingkat kepraktisannya sebesar 89 % tingkat reliabilitasnya berada pada kategori sangat reliabel dengan hasil alpha cronbach sebesar 0 886. Dari uji validitas item menggunakan perhitungan SPSS 23 For Windows menyatakan bahwa 14 item tidak valid karena nilai rho

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8376

Actions (login required)

View Item View Item