Pengembangan alat permainan keranjang pintar dalam pembelajaran berbicara anak kelompok BV di Taman Kanak-Kanak / Mega Fitria Herdiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat permainan keranjang pintar dalam pembelajaran berbicara anak kelompok BV di Taman Kanak-Kanak / Mega Fitria Herdiati

Herdiati, Mega Fitria (2016) Pengembangan alat permainan keranjang pintar dalam pembelajaran berbicara anak kelompok BV di Taman Kanak-Kanak / Mega Fitria Herdiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herdiati Mega Fitria. 2016. PengembanganAlatPermainanKeranjangPintarDalamPembelajaranBerbicaraAnakKelompok B Di Taman Kanak-Kanak.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasar Dan PrasekolahPendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDiniUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. UsepKustiawan M.Sn (2) Suryadi S.Sn. M.Pd Kata Kunci PengembanganAlatPermainan KeranjangPintar Berbicara Berbicaraanakmerupakanbentukbahasa yang menggunakanartikulasiatau kata-kata yang digunakanuntukmenyampaikanmaksud.Terdapatpermasalahanterhadap 27 anakkhususnyadalamaspekberbicara di TK Sejahtera Malang.Alatpermainandapatmenjadisalahsatuvariasidalampembelajaranberbicaraanak.Alatpermainankeranjangpintarmerupakanalatpermainan yang terbuatdariplastikdankarton yang berbentukkeranjang.Alatpermainaninidiciptakanuntukdimainkanolehanakusia 5-6 tahun. Alatpermainankeranjangpintarberisikartuhuruf yang digunakananakuntukmenyusunhurufmenjadi kata. Tujuandaripenelitiandanpengembanganalatpermainankeranjangpintariniadalahmengahsilkanprodukberupaalatpermaninankeranjangpintar yang diharapkandapatdimanfaatkansebagaialternatifdalampembelajaranberbicaraanakusiadini agar pembelajaran di TK lebihmudah menyenangkan aman dansesuaiketikadigunakandalampembelajaranberbicaraanak. Modelpenelitian yang digunakanyaitu model pengembangan Dick and Carry namunpadapenelitianiniterbataspadalangkahkesembilandarisepuluhlangkahyang ada.Langkahtersebutyaitu (1) analisiskebuhandantujuan (2) analisispembelajaran (3) analisispembelajarandankonteks (4) merumuskantujuanperformasi (5) mengembangkan instrument ataualat test (6)mengembangkanstrategipembelajaran (7) mengembangkandanmemilihbahanpembelajaran (8) merancangdanmelakukanevaluasiformatif (9) melakuakanrevisi. Tahapkesembilansudahdapatmewakilibahwaalatpermainankeranjangpintardinyatakan valid atautidak valid sehinggaakandiketahuipermainaninilayakdigunakanatautidaklayakdigunakan. Dari hasilhasilvalidasiahlidanujicoba dinyatakanbahwahasilpresentase rata-rata kevalidandariparaahlisebesar 86 60 % danpresentase rata-rata ujicobasebesar 95 60 %. Sehingga rata-rata keseluruhanhasilvalidasidanujicobasebesar 91 1 % danmasukkategorisangat valid sangatefektif sangattuntas dapatdigunakantanpaperbaikan (Akbar 2015 82). Berdasarkanpresentase yang diperoleh dapatdisimpulkanbahwaalatpermainankeranjangpintarsangat valid sangatefektif dansangattuntasdigunakandalampembelajaranberbicaraanakkelompok B di Taman Kanak-kanak.Disarankanhasilpengembanganprodukuntukanakkelompok Bdapatdigunakan di sekolahlain sehinggadapatdigunakansebagaimanamestinyasesuaidenganpembelajaranberbicaraanakusiadini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8374

Actions (login required)

View Item View Item