Pengembangan media gambar seri cerdas pada pembelajaran berbahasa anak usia 5-6 tahun / Ulumiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media gambar seri cerdas pada pembelajaran berbahasa anak usia 5-6 tahun / Ulumiyah

Ulumiyah (2016) Pengembangan media gambar seri cerdas pada pembelajaran berbahasa anak usia 5-6 tahun / Ulumiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulumiyah 2016. Pengembangan Media Gambar Seri Cerdas Pada Pembelajaran Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.pd (II) Wuri Astuti S.Pd Kata Kunci Media Gambar Seri Cerdas Pembelajaran Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun Hasil pengamatan terhadap 3 Taman Kanak-kanak diperoleh yaitu pembelajaran pada aspek bahasa sering kali menekankan pada kegiatan menulis saja bukan meliputi seluruh kompetensi bahasa. Kegiatan yang sering dilakukan adalah menebali huruf dan menebali kata (untuk anak kelas A) dan menulis kata atau menulis kalimat sederhana sesuai dengan contoh (untuk anak kelas B). Kegiatan ini tidak menggali kecakapan berbicara anak sehingga berpengaruh negatif pada aspek bahasa anak terutama dalam hal kecakapan berbicara dan menimbulkan kecerdasan verbal linguistik anak kurang berkembang. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan suatu produk yaitu media Gambar Seri Cerdas pada pembelajaran bahasa yang layak menurut ahli pembelajaran anak usia dini ahli bahasa anak usia dini dan ahli media anak usia dini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Hasil pengembangan berupa produk media Gambar Seri Cerdas yang diorganisasikan untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Pengembangan pada uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar untuk kelompok B. Penelitian dilakukan di RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang. Berdasarkan uji formatif kepada ahli pembelajaran diperoleh persentase sebanyak 71% kepada ahli bahasa diperoleh persentase sebanyak 75% dan kepada ahli media diperoleh persentase sebanyak 83%. Uji formatif kepada siswa pada uji perorangan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar diperoleh persentase rata-rata sebanyak 95%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah media menarik sesuai mudah dan menyenangkan digunakan anak. Media Gambar Seri Cerdas ini mampu mengembangkan aspek bahasa terutama dalam hal kecakapan berbicara. Media dinyatakan valid dan layak digunakan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media Gambar Seri Cerdas dengan cakupan lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8372

Actions (login required)

View Item View Item