Pengembangan permainan sirkuit geometri fun pada pembelajaran fisik motorik kasar kelompok B / Ratri Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit geometri fun pada pembelajaran fisik motorik kasar kelompok B / Ratri Kartikasari

Kartikasari, Ratri (2016) Pengembangan permainan sirkuit geometri fun pada pembelajaran fisik motorik kasar kelompok B / Ratri Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartikasari Ratri.2016. Pengembangan Sirkuit Geometri Fun pada Pembelajaran Fisik Motorik Kasar TK Kelompok B. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo. (II) Sandy Tegariani Putri S S.Pd. M.Pd Kata Kunci Sirkuit Geometri Fun Pembelajaran Fisik Motorik Kasar TK Kelompok B Berdasarkan hasil studi pendahuluan di RA Perwanida menunjukkan bahwa anak membutuhkan media pembelajaran yang inovatif agar pembelajaran Fisik Motorik Kasar lebih menarik. Pembelajaran yang dilakukan selama ini masih cenderung menggunakan permainan yang kurang variatif. Pembelajaran dengan menggunakan permainan sirkuit geometri fun dapat digunakan sebagi alternatif pembelajaran di luar kelas permaian sirkuit geometri fun ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan produk permainan sirkuit yang mudah dilakukan menyenangkan dan aman dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development Dick and carry yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi Sembilan langkah. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.Hasil analisis data pada saat penelitian adalah permainan mudah digunakan sebesar 93 3% menyenangkan sebesar 93 3% dan93 3% aman dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan permainan sirkuit geometri fun dapat disimpulkan bahwa permainan tersebut menyenangkan mudah dan aman bagi anak dan layak digunakan pada anak TK Kelompok B. Pendidik hendaknya dapat menggunakan permainan ini sebagai alternatif pada pembelajaran fisik motorik kasar untuk anak TK kelompok B. Bagi peneliti selanjutnya media ini dapat diujikan kepada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan ke sekolah atau lembaga pendidikan yang terkait. Selain hal tersebut peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan permainan sirkuit geometri fun dengan menambahkan aspek perkembangan yang lain kedalam permaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item