Pemanfaatan laboratorium bahasa Inggris sebagai sumber belajar di SMU Negeri 8 Malang <BR>oleh Priyo Heri Sasongko

Sasongko, Priyo Heri (2002) Pemanfaatan laboratorium bahasa Inggris sebagai sumber belajar di SMU Negeri 8 Malang <BR>oleh Priyo Heri Sasongko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Sasongko,priyhoe ri.2002.P emanfaatalna boratoriumB ahasaIn ggnss ebagai sumbebr elajard i SMU Negeri8 Malang.S kripsJi urusanK urikulumd an TeknologPi endidikanP,r ograms tudiT eknologPi endidikanF,a kultaIsl mu PendidikanU, niversitaNs egeriM alangP. embimbin:g (l) DR.Moh.S ochibM .Pd,( ll) Dra.T itik SyamsiyaMh. Pd. Kata-kataK unci : PemanfaataLna, boratoriumB ahasaIn ggrisS, umbebr elajar. Laboratoriumm erupakans alahs atus umberb elajary angd apatd imanfaatkan untukm enunjangk egiatanb elajarm engajarK. eberadaannymae mpunyaki edudukan yangs trategisd alamm eningkatkank ualitasl ulusannya. Tujuanp enelitianin i adalahu ntukm endiskripsikakno ndisil aboratonum BahasaIn ggriss ebagasi umberb elajard anf aktor-faktorp enghambadta lam pemanfaatalanb oratoriumba hasaIn ggriss ebagasiu mbebr elajard i SMU Negeri8 Malang. Penelitianin i dilakukand enganm enggunakamn etoded iskriptifjenis survei. Populasdi alamp enelitianin i adalahg uruB ahasaln ggrisd ans iswaS MU Negeri8 Malangy angs eluruhnyab erjumlah1 63.S ampedl iambil denganm enggunakan teknikr andoms ampling,s ehinggas ampeyl angd igunakanh anyas iswat ahun pelajara2n0 00/200y1a ngt erdirid arik elasI dan2 sebanya1k 60s iswad, anu ntuk gurud iambil 3 orangg uru.T eknik yangd igunakanu ntukm engumpulkadna taa dalah angkedt ano bservasAi. dapunu ntukm enganalisidsa tay angt elahd ikumpulkan digunakatne knik analisisd iskriptif persentase. Hasil penelitianin i menunjukkanb ahwa:k ondisil aboratoriumb ahasaIn ggris di SMU Negeri 8 Malang termasukd alam kategori sangatb aik 60o/od ilihatdari luas ruanganv,e ntilasip enerangante, mpatp enyimpanaanl at danb ahan,s truklur organisaspi,e ngelolanla boratoriums, umberd anap embangunalna boratoriumd, an jenis sumberb elajary angd imiliki.Pemanfaatalna boratoriumb ahasaln ggrisd i SMU NegeriM alangs etelahd i prosentasekasne besa8r 9,5%t ermasukd alamk ategori sangaet fektif. Sedangkafna ktor-faktorp enghambadti perolehp rosentasteo tal ssbesa8r 8%s ehinggad apatd isimpulkanb ahwaf aktor-fahort ersebust angat menghambapte laksanaapne mbelajaradni laboratorium Fakfor-faktopr enghambayta ngd ialamid alamp emanfaatalna boratorium antarala in : terbatasnyjau mlah peralatanf,u ngsim erekamm asterr ecorders iswa kurangs empurnak, omunikasai ntarag urud an individu seringa dag angguan, kesulitanm enggunakalna boratoriumd i luarjam pelajarand, ant idak adanyate naga laboranH. ambatante rsebuot leh gurud iatasid enganc aram embagsi iswam enjadi beberapgar up/kelompokm, encaria ltematifd engans eringm engulangh al-haly ang belumd imengertsi iswa,m enerangkasne carale sanb ila terdapagt angguand an berusahma emperbaikmi emberikank elonggaranw aktut erhadaps isway angi ngin menggunakalanb oratorium. Sarany angd apatd iberikana ntaral ain: (l ) Gurub ahasaIn ggrisp erlul ebih meningkatkalna gi pemanfaatalna boratoriums ebagasi umberb elajark arena menunjanpge ningkatanku alitash asilb elajars iswa.( 2) pemenuhapne ralatan laboratoriumya ngk urangp erlu dilengkapis esuadi enganv olumep enggunaan laboratoriumol eh siswa.( 3) Sebaiknyas etiapl aboratoriumd i SMU memiliki laboran khususu, ntukm aksudt ersebutk ami perlum enyediakafno rmasiu ntukp engangkatan tenagala boran(, 4) memberip eluangd anm otivasik epadas iswau ntukl ebiha ktif dalamm elaksanakakne giatanla boratoriumd iluarjam pelajaran(,5 ) Bagtp eneliti lainy angt ertarikp adap ermasalahain i perlum elakukanp enelitianla njutant entang pengaruphe manfaatalna boratoriumd enganp restasbi elajars iswad alamm ata pelajarabna hasaIn ggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item