Pengembangan media monogi dalam pembelajaran nilai, agama, dan moral anak di TK kelompok B / Laily Nurjannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monogi dalam pembelajaran nilai, agama, dan moral anak di TK kelompok B / Laily Nurjannah

Nurjannah. Laily (2016) Pengembangan media monogi dalam pembelajaran nilai, agama, dan moral anak di TK kelompok B / Laily Nurjannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurjannah Laily. 2016. Pengembangan Media MONOGI dalam pembelajaran Nilai Agama dan Moral untuk TK Kelompok B. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd Kata Kunci media monopoli religi pembelajaran Nilai Agama dan Moral TK Kelompok B Berdasarkan hasil studi pendahuluan di satu TK menunjukkan bahwa anak membutuhkan media pembelajaran yang inovatif agar pembelajaran NAM lebih menarik. Pembelajaran yang dilakukan selama ini masih cenderung menggunakan media yang kurang variatif. Pembelajaran dengan menggunakan monopoli religi (monogi) dapat digunakan mengembangkan nilai agama dan moral MONOGI ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan rancangan produk berupa media monopoli religi (MONOGI) yang mudah dilakukan menarik aman mudah dan efektif dalam pelaksanaannya.. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development dick and carey yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi delapan langkah. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil analisis data pada saat penelitian adalah media MONOGI mudah digunakan sebesar 93 3% menarik sebesar 93 8% aman sebesar 100% dan 95 2% efektif dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan media MONOGI dapat disimpulkan bahwa media tersebut mudah menarik aman efektif bagi anak dan layak digunakan pada anak TK Kelompok B. Pendidik hendaknya dapat menggunakan media ini sebagai alternatif pada pembelajaran NAM untuk anak TK kelompok B. Bagi peneliti selanjutnya media ini dapat diujikan kepada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan ke sekolah atau lembaga pendidikan yang terkait. Selain hal tersebut peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan media MONOGI dengan menambahkan aspek perkembangan yang lain ke dalam media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item