Maulida, Siti (2016) Penerapan permainan bowling berhitung untuk mengembangkan kompetensi operasi hitung tambah anak kelompok B RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang / Siti Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maulida Siti. 2016. Penerapan Permainan Bowling Berhitung untuk Mengembangkan Kompetensi Operasi Hitung Tambah Anak Kelompok B RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd (II) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata Kunci kompetensi operasi hitung tambah permainan bowling berhitung Berdasarkan observasi pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang ditemukan 11 dari 17 anak mengalami masalah dalam kompetensi operasi hitung tambah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu (1) penggunaan metode yang kurang bervariasi (2) media yang kurang menarik dan (3) pembelajaran yang belum melibatkan anak secara langsung.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan permainan bowling berhitung dalam mengembangkan kompetensi operasi hitung tambah anak kelompok B RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang (2) mendeskripsikan perkembangan kompetensi operasi hitung tambah melalui permainan bowling berhitung anak kelompok B RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian sebanyak 17 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar penilaian anak lembar penilaian guru panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi operasi hitung tambah mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menjelaskan bahwa anak yang memenuhi kriteria keberhasilan pada pratindakan sebanyak 6 anak dengan prosentase 35 29% pada siklus I sebanyak 13 anak dengan prosentase 76 47% dan pada siklus II sebanyak 14 anak dengan prosentase 82 35%. Peningkatan yang terjadi dikarenakan pembelajaran yang didukung dengan menggunakan media berupa bowling berhitung dan tindakan guru yang melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa media permainan bowling berhitung dapat mengembangkan kompetensi operasi hitung tambah anak kelompok B RA Muslimat NU 25 Sawojajar Malang yang lebih mengutamakan aspek religius dan berada pada lingkungan perumahan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan permainan bowling berhitung untuk mengembangkan kompetensi operasi hitung tambah ini di sekolah yang memiliki latar belakang yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8368 |
Actions (login required)
View Item |