Pengembangan permainan magic chess dalam pembelajaran kognitif materi pengenalan bentuk, warna, dan bilangan anak kelompok A / Sri Yuni Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan magic chess dalam pembelajaran kognitif materi pengenalan bentuk, warna, dan bilangan anak kelompok A / Sri Yuni Lestari

Lestari, Sri Yuni (2016) Pengembangan permainan magic chess dalam pembelajaran kognitif materi pengenalan bentuk, warna, dan bilangan anak kelompok A / Sri Yuni Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Sri Yuni. 2016.PengembanganPermainan Magic Chess dalam Pembelajaran Kognitif Materi Pengenalan Bentuk Warna dan Bilangan Anak Kelompok A Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II)Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd Kata kunci permainanmagic chess pembelajaran kognitif Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran kognitif terdapat beberapa masalah yaitu kurangnyavariasidalampenyampaianmateripembelajaran kegiatanpembelajaranselaludilakukan di dalamkelas pembelajaran lebih menekankan terselesainya majalah yang diberikan kegiatan kognitif hanya dikaitkan dengan menulis angka dan menghitung jumlah benda permainan kognitif seringkali menggunakan puzzle dan balok. Hal tersebut membuatanakmerasabosandankeaktifananakmenjadiberkurang. Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanpermainan magic chess yang layak digunakan untuk pembelajaran kognitif materi pengenalan bentuk warna dan bilangan yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick Carey dengan 9 langkah prosedur penelitian dan pengembangan. Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif pengumpulan data berupa kuesioner wawancara dan lembar observasi. Data dihasilkan dari 4 orang ahli yakni ahli pembelajaran anak usia dini ahli kognitif ahli permainan ahli pengguna uji coba perorangan 3 anak uji coba kelompok kecil 6 anak dan uji lapangan 26 anak. Analisis data kualitatif berupa saran dan masukan dari para ahli dan data kuantitatif berupa persentase dari hasil uji coba produk. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif diperoleh persentase sebesar 97 5% dari ahli pembelajaran anak usia dini 100% dari ahli kognitif 82 5% dari ahli permainan dan 100% dari ahli pengguna dengan hasil keseluruhan sebesar 95% sehingga termasuk dalam katergori baik (layak digunakan). Berdasarkan hasil uji coba lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 98 83% anak sesuai melakukan permainan 100% anak tertarik melakukan permainan dan 97 86% anak mudah dalam melakukan permainan. Berdasarkan hasil analisis pengembangan permainan magic chess maka dapat disimpulkan bahwa permainan magic chessadalah permainan yang layak baik dari segi materi tampilan pengguna serta dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif. Disarankan hasil pengembangan produk yang ditujukan untuk anak kelompok A di RA Muslimat NU 25 Malang dapat digunakan di sekolah lain sebagaimana mestinya sesuai dengan materi pembelajaran kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8366

Actions (login required)

View Item View Item