Pengembangan permainan pulau kata untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun / Yuni Prima Kusumawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan pulau kata untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun / Yuni Prima Kusumawardhani

Kusumawardhani, Yuni Prima (2016) Pengembangan permainan pulau kata untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun / Yuni Prima Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawardhani Yuni Prima. 2016. Pengembangan Permainan Pulau Kata untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata Kunci Permainan Pulau Kata Berbahasa Anak usia 5-6 tahun Permainan merupakan salah satu cara anak untuk belajar suatu hal dalam taman kanak-kanak. Berdasarkan hasil observasi di TK Dharma Wanita Gedeg ditemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa masih menggunakan Lembar Kegiatan dan menulis. Tidak semua guru menggunakan media atau suatu permainan dalam pembelajaran bahasa dengan demikian peneliti ingin mengembangkan sebuah permainan untuk pembelajaran mengembangkan aspek berbahasa anak. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan produk permainan Pulau Kata yang mudah aman dan menyenangkan guna menstimulus kemampuan anak dalam berbahasa yang dilakukan di TK Dharma Wanita Gedeg. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam pengembangan media permainan yaitu model dari Dick and Carey dengan prosedur pengembangan model prosedural deskriptif yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan dengan subyek 30 anak. Instrument yang digunakan berupa kuisioner dan dianalisis berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa berdasarkan uji para ahli telah layak dugunakan dengan rata-rata persentase uji ahli bahasa 80% ahli bermain dan permainan 96 6% dan ahli pembelajaran 95%. Uji kelompok kecil pada aspek keamanan dan kemudahan 100% kemenarikan 100%. Dari uji kelompok besar keamanan dan kemudahan 95 9% dan kemenarikan 97 7%. Berdasarkan persentase tersebut pada uji ahli dan uji lapangan sangat aman mudah dan menarik jika dilakukan oleh anak-anak. Permainan Pulau Kata sangat efektif digunakan untuk mengembangkan aspek berbahasa dan dapat digunakan untuk pendukung dalam pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun Berdasarkan data yang diperoleh dari validasi ahli uji kelompok kecil dan uji lapangan permainan Pulau Kata mampu dilakukan oleh anak menyenangkan dan aman bagi anak dan dapat mengembangkan aspek berbahasa anak. Saran-saran yang dikemukakan oleh peneliti yaitu (1) Media permainan tidak hanya untuk mengembangkan aspek berbahasa tetapi dapat dikembangkan untuk berbagai aspek dan tema (2) Untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan permainan-permainan yang lebih menarik dan lebih baik lagi untuk menunjang pembelajaran di TK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8363

Actions (login required)

View Item View Item