Farsal, Intan Juni (2017) Hubungan kualitas sarana prasarana dan kualitas guru terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Bangunan pada mata diklat Produktif SMK Negeri 1 Tuban / Intan Juni Farsal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farsal I. J. 2016. Hubungan Kualitas Sarana Prasarana dan Kualitas Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Bangunan pada Mata Diklat Produktif SMK Negeri 1 Tuban. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd Kata Kunci kualitas sarana guru dan hasil belajar Hasil belajar merupakan tujuan akhir proses belajar siswa dalam penguasaan bidang kognitif afektif dan psikomotorik yang direalisasikan dalam bentuk nilai berupa angka/huruf. Proses pembelajaran dapat dikatakan baik apabila hasil belajar yang diperoleh siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar (achievement) sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi apabila siswa telah lulus akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya dan juga bagi yang akan memasuki dunia kerja. Perusahaan dan industri banyak yang mengeluhkan sulit mendapat teknisi tingkat menengah sesuai standar. Masalah ketidakterkaitan (mismatch) antara SMK dan dunia usaha atau dunia industri yang disebabkan oleh ketidaktersediaan fasilitas bengkel atau laboratorium kerja yang layak dan modern. Kemudian dari aspek tenaga pengajar banyak guru SMK yang ketinggalan dalam meningkatkan keahlian agar sesuai dengan perkembangan zaman.Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu diketahui seberapa besar tingkat signifikansi hubungan antara kualitas sarana prasarana dan kualitas guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan beberapa hal yaitu mencakup kualitas sarana prasarana kualitas guru dan hasil belajar mata diklat produktif siswa jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Tuban serta hubungan antara ketiga hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasion. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket/kuesioner. Data yang diperoleh dari penyebaran angket kemudian dilakukan skoring dan selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis korelasi Product Moment Pearson dan korelasi ganda dengan menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas guru terhadap hasil belajar siswa (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas sarana prasarana dan kualitas guru terhadap hasil belajar siswa jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Tuban.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/83629 |
Actions (login required)
View Item |