Putri, Arnila Sekti Mega (2016) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui model cooperative learning make a match pada kelompok B TK PKK II Sukorejo Kota Blitar / Arnila Sekti Mega Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Arnila Sekti Mega. 2016. Peningkatakan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Model Cooperative Learning Make A Match pada Kelompok B TK PKK II Sukorejo Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd (II) Suwarti S.Pd M.Pd Kata Kunci peningkatan membaca permulaan model cooperative learning make a match Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru kelompok B TK PKK II Sukorejo kota Blitar diketahui bahwa kegiatan membaca hampir setiap hari dilakukan tetapi kemampuan anak dalam membaca permulaan pada umumnya masih rendah. Hal ini disebabkan karena metode belajar yang digunakan masih di dominasi dengan metode klasikal yang kurang melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang diberikan hanya berpusat pada guru. Selain itu media pembelajaran yang digunakan sangat minim yakni hanya papan tulis kapur dan buku lembar kerja siswa. Berkaitan dengan permasalahan tersebut dipandang perlu untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil kemampuan anak membaca permulaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat bagaimana penerapan model cooperative learning make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B serta pengaruhnya dalam aktivitas guru dan anak selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penellitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan aktivitas anak cenderung meningkat aktivitas guru yang semula 50 % dengan kriteria kurang pada pertemuan pertama meningkat menjadi 100 % pada pertemuan akhir dengan kriteri sangat baik. Sementara kreativitas anak berkembang secara bertahap dari 73 % dengan kriteria cukup menjadi 87 % dengan kriteria baik. Untuk kemampuan membaca permulaan diperoleh rata-rata kelas 65 3 dengan kriteria cukup dan ketuntasan klasikal 36 36% dengan kriteria kurang. Pada pertemuan terakhir kemampuan anak dalam membaca permulaan meningkat dengan rata-rata kelas 81 dengan kriteria baik dan ketuntasan klasikal 80 % dengan kualifikasi baik . Data tersebut dapat disimpulkan penerapan model cooperative learning make a match meningkatkan aktivitas guru aktivitas anak dan kemampuan anak dalam membaca permuluaan. Oleh sebab itu model cooperative learning make a match dapat dijadikan salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran aktif dan menyenangkan khususnya dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8360 |
Actions (login required)
View Item |