Peningkatan keterampilan motorik halus melalui metode demonstrasi mencetak tanaman hias pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Blitar / Popy Adityaningrum

Adityaningrum, Popy (2016) Peningkatan keterampilan motorik halus melalui metode demonstrasi mencetak tanaman hias pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Blitar / Popy Adityaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adityaningrum, Popy. 2016. peningkatan keterampilan motorik halus melalui metode demonstrasi mencetak tanaman hias pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Sunyoto, S.Pd., M.Si Kata Kunci: keterampilan, motorik halus, metode demonstrasi, mencetak Hasil pengamatan awal di TK Negeri Pembina Kota Blitar bahwa minat anak dalam kegiatan mencetak tanaman hias masih terbilang kurang. Hal ini disebabkan saat kegiatan pembelajaran berlangsung ada beberapa anak bermain sendiri dengan teman di dalam kelas. Dampaknya bahwa 7 dari 18 anak atau (39%) kelompok A kemampuan motorik halus dengan kreteria ketuntasan belum berkembang dan 11 anak atau (61%) kelompok A motorik halus anak dengan kreteria ketuntasan sedang berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan metode demonstrasi dan meningkatkan keterampilan motorik halus melalui mencetak tanaman hias. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian PTK, dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyaji data, penarikan kesimpulan berdasarkan data yang telah disajikan. Hasil penelitian penerapan metode demonstrasi melalui mencetak tanaman hias observasi aktivitas guru pada siklus I 62% dengan kreteria ketuntasan sedang berkembang, hasil observasi aktivitas guru pada siklus II 86% dengan kreteria ketuntasan berkembang dengan baik, hasil observasi aktivitas anak pada siklus I 78% dengan kreteria ketuntasan sudah berkembang, hasil observasi aktivitas anak siklus II 92 % dengan kreteria ketuntasan berkembang dengan baik, hasil observasi keterampilan pada siklus I 76% dengan kreteria ketuntasan sudah berkembang, hasil observasi keterampilan siklus II 87% dengan kreteria ketuntasan sudah berkembang, hasil observasi aktivitas anak dalam kegiatan mencetak/kognitif 61% dengan kreteria ketuntasan sedang berkembang, hasil observasi aktivitas anak dalam kegiatan mencetak/kognitif 83% dengan kreteria ketuntasan sudah berkembang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A anak juga dapat mencetak tanaman hias dengan baik dan rapi dengan melalui metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8359

Actions (login required)

View Item View Item