Peningkatan keterampilan motorik halus melalui teknik kolase pada anak kelompok A di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar / Ratna Mustika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan motorik halus melalui teknik kolase pada anak kelompok A di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar / Ratna Mustika Dewi

Dewi, Ratna Mustika (2016) Peningkatan keterampilan motorik halus melalui teknik kolase pada anak kelompok A di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar / Ratna Mustika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustika Ratna Dewi. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Kolase Pada Anak Kelompok A di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd. M.Pd (II).Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd. Kata Kunci motorik halus teknik kolase. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar dari 9 anak terdiri dari 4 laki-laki dan 5 perempuan terdapat 7 anak (77 8%) yang belum mampu melakukan kegiatan menggunting dan menempel dalam teknik kolase dengan baik dan benar. Massalah ini disebabkan yaitu anak tidak telaten belum memahami teknik kolase dan pada saat pembelajaran guru kurang dalam memberi motivasi kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan teknik kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di PAUD Mekar Bangsa kota Blitar (2) peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui teknik kolase pada kelompok A di PAUD Mekar Bangsa kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis PTK pendekatan kualitatif dilakukan selama dua siklus meliputi tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Metode pengumpulan data observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 9 anak. Alat pengumpul data berupa (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas anak (3) lembar observasi sikap anak (4) lembar observasi keterampilan motorik halus anak (5) lembar observasi pengetahuan anak. Analisis data dilakukan melalui 3 tahapan meliputi (1) reduksi data (2) paparan data (3) penyimpulan hasil analisis. Peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam melakukan kegiatan teknik kolase pada pratindakan mencapai skor rata-rata mencapai 50% dengan ketuntasan sebesar 22 2% meningkat pada siklus I yaitu mencapai rata-rata 58 2% dengan ketuntasan sebesar 33 3% dan siklus II mencapai rata-rata 82 5% dengan ketuntasan sebesar 88 8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik kolase dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di PAUD Mekar Bangsa Kota Blitar. Melihat keberhasilan penerapan teknik kolase disarankan agar guru menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sebagai bahan belajar yang menarik dan menyenangkan serta dapat menjadikan anak lebih kreatif dalam memanfaatkan bahan di lingkungan untuk berekspresi membuat berbagai karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8358

Actions (login required)

View Item View Item