Pemanfaatan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Kartika IX-41 Malang / Masita Asih Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Kartika IX-41 Malang / Masita Asih Putri

Putri, Masita Asih (2016) Pemanfaatan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Kartika IX-41 Malang / Masita Asih Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masita Asih Putri. 2016. Pemanfaatan Permainan Dadu untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Kartika IX 41 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Permainan dadu Membaca permulaan Anak kelompok A Berdasarkan hasil observasi peneliti pada kelompok A2 di TK Kartika pada bulan Oktober 2015 dari 14 anak 9 anak diantaranya atau sekitar 64 28% dari jumlah keseluruhan anak peneliti menemukan kurangnya pemahaman anak terhadap pengenalan huruf dan vokalnya anak belum dapat membedakan antara huruf vokal dan konsonan. Saat anak diminta untuk menyebutkan simbol huruf yang diketahui (terutama dalam menyebutkan huruf b-d serta p-q) anak masih terlihat bingung dalam membedakannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni tidak adanya APE bahan belajar hanya bersumber pada LKS metode pembelajaran kurang adanya inovasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok A di TK Kartika IX 41 Malang (2) apakah kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok A di TK Kartika IX 41 Malang meningkat setelah menggunakan permainan dadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teori yang digunakan adalah teori Kemmis Taggart. Berdasarkan teori ini PTK dilakukan dalam bentuk siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok A2 dengan jumlah 14 anak di TK Kartika IX 41 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dengan dilengkapi lembar observasi dan dokumentasi foto. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak terutama dalam mengenal huruf alphabet mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini terbukti pada pra tindakan persentase kemampuan bahasa anak sebesar 36% (Belum Berkembang) kemudian meningkat menjadi 50% (Belum Berkembang) pada siklus I selanjutnya pada siklus II sudah mencapai kriteria ketuntasan yakni sebesar 82 15% (Berkembang Sesuai Harapan). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A TK Kartika IX 41 Malang. Bagi guru disarankan untuk dapat menerapkan permainan ini untuk pembelajaran agar pembelajaran di kelas lebih menarik dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item