Penerapan teknik bublle blower painting untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A2 TK Kartika IX-41 Malang / Yudiana Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik bublle blower painting untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A2 TK Kartika IX-41 Malang / Yudiana Damayanti

Damayanti, Yudiana (2016) Penerapan teknik bublle blower painting untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A2 TK Kartika IX-41 Malang / Yudiana Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Yudiana.2016.Penerapan Teknik Bubble Blower Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Kelompok A2 Tk Kartika IX-41 Malang.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Usep Kustiawan M.Sn. (II) Drs.Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Mengenal Warna Bubbe Blower Painting Kemampuan Kognitif Kemampuan Seni Berdasarkanhasilobservasipadatanggal 19 agustus 2015 di kelompok A2 TK KARTIKA IX-41 di JalanUntungSuropati No 01 Malang denganjumlah 14 anak.Data yang diperolehdari 14 anakhanya 7 anak (50%) yang mampumenjawabwarna yang diperlihatkanoleh guru yaitumerah kuningdanbiru. Sedangkan5 dari 14 anak (36%) yang bisamenjawabwarnaturunan yang diperlihatkansepertiwarnaungu hijau oranye. Berdasarkanlatarbelakangtersebut di atasdapatdirumuskanmasalahsebagaiberikut (1) BagaimanakahpenerapanteknikBubble Blower Paintinguntukmeningkatkankemampuanmengenalwarna di TK KARTIKA IX-41 (2) AdakahpeningkatankemampuanmengenalwarnasetelahpenenerapanteknikBubble Blower Painting di TK KARTIKA IX-41. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitianinimenggunakan model Kemmisdan MC Taggart. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan dokumen foto. Data yang digunakandalampenelitianinimeliputiaktivitasanakdalampenerapanteknikBubble Blower Paintingdalammeningkatkankemampuanmengenalwarna.Sember data dalampenelitianiniadalahanakkelompok A2 di TK KARTIKA IX-41 Malang denganjumlah 14 anak. Anak sangat antusias dan senang menggunakan teknik Bubble Blower Paintingsecara tidak langsung anak dapat bermain sambil belajar. Langkah-langkah kegiatan penerapan teknik Bubble Blower Painting yaitu (1) Mengkomunikasikan tema hari ini (2) melakukan persiapan alat dan bahan yang akan digunakan (3) mengenalkan dan mendemonstrasikan penerapan teknik Bubble Blower Painting kepada anak (3) menjelaskan aturan bermain kepada anak (4) anak melakukan teknik Bubble Blower Painting (5) membimbing anak ketika melakukan teknik Bubble Blower Painting. BerdasarkanPeningkatan kemampuan mengenal warna dapat diketahui melalui data setiap pertemuan mulai dari pra tindakan siklus I dan skilus II. Pada kegiatan pra tindakan jumlah anak yang tuntas sebanyak 4 dari 14 anak 28.5% dengan kriteria belum tuntas. Sedangkan untuk ketercapaian secara klasikal pada siklus I mencapai 50% dan meningkat sebanyak 41.5% menjadi 91.5 % atau 12 anak yang tuntas dari 14 anak dengan kriteria sangat baik Penerapan Teknik Bubble Blower Painting dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A2 di TK Kartika IX-41 Malang.Penelitiselanjutnyadiharapkandapatmenggunakan teknik Bubble Blower Paintingdalam kegiatan mengenalkan warna dan dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8355

Actions (login required)

View Item View Item