Peningkatan penguasaan kosakata sederhana melalui media wayang kardus pada anak kelompok B di TK Al-Ikhlas Kabupaten Lumajang / Diansa Sandy Pawukir - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata sederhana melalui media wayang kardus pada anak kelompok B di TK Al-Ikhlas Kabupaten Lumajang / Diansa Sandy Pawukir

Pawukir, Diansa Sandy (2016) Peningkatan penguasaan kosakata sederhana melalui media wayang kardus pada anak kelompok B di TK Al-Ikhlas Kabupaten Lumajang / Diansa Sandy Pawukir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pawukir Diansa Sandy. 2016. Peningkatan Penguasaan Kosakata Sederhana Melalui Media Wayang Kardus Pada Anak Kelompok B di TK Al-Ikhlas Kabupaten Lumajang. Skripsi S1 Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Drs. I Made Seken M.Pd. Kata Kunci Wayang Kardus Penguasaan Kosa Kata Sederhana Lumajang Stimulasi atau rangsangan diperlukan anak usia dini untuk meningkatkan penguasaan kosa kata sederhana stimulasi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan media yang menarik. Maka diperlukan pembahasan mengenai media yang dapat digunakan sebagai alternative untuk mengatasi masalah tersebut yaitu media wayang kardus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan media wayang kardus untuk meningkatkan penguasaan kosa kata sederhana anak kelompok B di TK Al-Ikhlas kabupaten Lumajang dan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosa kata sederhana melalui media Wayang kardus pada anak kelompok B di TK Al-Ikhlas kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 langkah yang dilakukan. Langkah-langkah pemanfaatan media wayang kardus meliputi a) Setiap tokoh wayang kardus dikenalkan pada anak beserta wataknya b) Aturan main dijelaskan pada anak c) Menyebutkan judul dan menjelaskan alur cerita yang akan dimainkan anak d) Anak diberi perintah untuk mengulang kembali urutan kosa kata dalam judul cerita e) Anak memainkan wayang kardus. Anak merasa antusias melakukan pembelajaran menggunakan media wayang kardus dan penguasaan kosa kata anak mengalami peningkatan dengan dibuktikan kemampuan menirukan 4-5 urutan kosa kata sederhana anak mengalami peningkatan sebesar 2 1% dari tahap pra tindakan ke siklus I selanjutnya dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 24%. Sedangkan kemampuan penguasaan kosa kata sederhana dalam bercerita mengalami peningkatan sebesar 4 3% dari tahap pra tindakan ke siklus I dari siklus I mengalami peningkatan sebesar 32 7%. Dapat disimpulkan media wayang kardus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penguasaaan kosa kata sederhana anak kelompok B di TK Al-Ikhlas kabupaten Lumajang. Selanjutnya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan penguasaan kosa kata sederhana anak TK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item