Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media batu berwarna pada kelompok A di RA Harapan Bangsa Kota Blitar / Ilma Nafiatul Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media batu berwarna pada kelompok A di RA Harapan Bangsa Kota Blitar / Ilma Nafiatul Mahmudah

Mahmudah, Ilma Nafiatul (2016) Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media batu berwarna pada kelompok A di RA Harapan Bangsa Kota Blitar / Ilma Nafiatul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudah Ilma Nafiatul. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Batu Berwarna pada Kelompok A di RA Harapan Bangsa Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd. M.Pd. (II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci PAUD lambang bilangan batu berwarna Berdasarkan hasil pengamatan pendahuluan di RA Harapan Bangsa Kota Bitar ditemukan bahwa guru belum menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10. Hal tersebut dapat dilihat dari 10 anak kelompok A hanya 30% atau 3 anak yang mampu mengenal lambang bilangan 1-10 dengan baik. Selebihnya terdapat 70% atau 7 anak yang masih mengalami kesulitan mengenal lambang bilangan 1-10 Penelitian ini menggunakan media batu berwarna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media batu berwarna dan peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media batu berwarna. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara penugasan catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di RA Harapan Bangsa kota Blitar. Peneliti berperan sebagai pengamat dan guru kelas sebagai pelaksana tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Dibuktikan pada siklus I dengan skor aktivitas guru sebesar 77% dan aktivitas anak sebesar 79%. Pada siklus II aktivitas guru menjadi 94% dan aktivitas anak sebesar 94%. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada pratindakan sebesar 30% pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media batu berwarna pada kelompok A sudah baik berjalan dengan lancar dan sesuai dengan konsep media batu berwarna. Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak meningkat setelah diterapkan permainan media batu berwarna. Sebaiknya guru menerapkan metode bermain dalam proses pembelajaran tetapi juga harus memilih metode yang tepat dalam pembelajaran agar hasil belajar anak lebih optimal. Hendaknya guru juga menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk membuat anak lebih antusias dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item