Faizah, Sholihatul (2016) Penerapan strategi scaffolding level 1 untuk pengembangan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A di TK Negeri Pembina 5 Malang / Sholihatul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Faizah Sholihatul. 2016. Penerapan Strategi Scaffolding Level 1 untuk Pengembangan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M. Pd (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso S. Pd M. Pd. Kata Kunci Anak Kelompok A Strategi Scaffolding Level 1 Konsep Bilangan. Hasil observasi pada kelompok A di TK Negeri Pembina 5 Malang menunjukkan bahwa kemampuan anak kelompok A pada pemahaman konsep bilangan belum berkembang optimal. 11 anak dari 17 anak masih mengalami kesulitan memahami konsep bilangan. Kesulitan-kesulitan anak yang ditemui saat observasi antara lain (1) kesulitan dalam mengurutkan bilangan 1-10 dengan benar (2) kesulitan menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang diucapkan dan (3) kesulitan menunjukkan benda sesuai dengan lambang bilanganya . Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan strategi scaffolding Level 1 untuk pengembangan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A di TK Negeri Pembina 5 Malang. (2) Apakah penerapan strategi scaffolding Level 1 untuk pengembangan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A di TK Negeri Pembina 5 Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kurt Lewin yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Negeri Pembina 5 Malang yang berjumlah 17 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lembar penilaian pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Tindakan scaffolding level 1 yang paling menopang kemampuan pemahaman anak adalah (1) penyediaan benda artefak (2) penyediaan lembar kegiatan (3) peninjauan ulang dan (4) pemberian penjelasan dan alasan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penerapan strategi scaffolding level 1 untuk efek scaffolding level 1 terhadap anak dan kualitas scaffolding level 1 terhadap guru mengalami perkembangan sebesar 20%. Pada hasil penilaian kemampuan pemahaman konsep bilangan anak juga mengalami perkembangan sebesar 40% yang terjadi pada 7 anak. Peneliti memberikan kesimpulan bahwa strategi scaffolding level 1 ini dapat mengembangkan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A. Peneliti juga memberikan saran agar strategi scaffolding level 1 dapat diterapkan guru dalam pembelajaran terkait pemahaman konsep bilangan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang sesuai. Saran bagi peneliti lanjutan yakni agar menyederhanakan bahasa pengistilahan yang digunakan demi pemahaman yang lebih baik dalam penerapan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8350 |
Actions (login required)
View Item |