Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini melalui media kartu kata dan gambar di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Dawidz Zulva - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini melalui media kartu kata dan gambar di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Dawidz Zulva

Zulva, Dawidz (2016) Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini melalui media kartu kata dan gambar di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Dawidz Zulva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulva Dawidz. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata dan Gambar Di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Suwarti S.Pd M.Pd. Kata kunci Kemampuan Membaca Permulaan Media Kartu Kata dan Gambar Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar diketahui bahwa dari 17 anak yang tediri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan hanya 2 (11 7%) anak yang sudah mampu membaca lancar sedangkan sisanya yaitu 15 (88 3%) anak sudah mampu mengenal huruf namun dalam merangkai kata masih banyak yang mengalami kesulitan. Kemampuan membaca permulaan anak di TK tersebut tergolong kurang sekali. Faktor penyebabnya adalah karena guru kurang menggunakan media dalam pembelajaran sehingga anak mudah bosan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian yang bertujuan menerapkan media kartu kata dan gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan media kartu kata dan gambar dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK B PGRI Srengat kabupaten Blitar dan (2) bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini melalui media kartu kata dan gambar di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu anak TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar sebanyak 17 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas anak lembar observasi kemampuan membaca permulaan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata dan gambar. Hal ini dapat diketahui pada siklus I rata-rata hasil observasi aktivitas guru sebesar 78 5% dengan kriteria ketuntasan baik rata-rata hasil observasi aktivitas anak sebesar 65% dengan kriteria ketuntasan cukup dan hasil nilai akhir penelitian kemampuan membaca permulaan anak sebesar 58% kriteria ketuntasan kurang. Pada siklus II rata-rata hasil observasi aktivitas guru sebesar 98% dengan kriteria ketuntasan sangat baik rata-rata hasil observasi aktivitas anak sebesar 88% dengan kriteria ketuntasan sangat baik dan nilai akhir kemampuan membaca permulaan anak sebesar 85 7% kriteria ketuntasan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata dan gambar kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK B PGRI Srengat Kabupaten Blitar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

View Item View Item